Gelar Pentas Seni, Disdikbud Kubar Tanamkan Cinta Budaya Generasi Muda

Foto bersama dalam acara pentas seni dan budaya di Alun-alun Itho (4/9/2022). Foto: David/infokubar.id

SENDAWAR, Infokubar.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat (Disdikbud Kubar) menggelar pentas seni dan budaya pada Minggu (4/9/2022) malam di Alun-alun Itho, Barong Tongkok. Kegiatan ini diharapkan akan menumbuhkan kembali rasa cinta budaya dan menumbuhkan jati diri masyarakat Kalimantan khususnya bagi generasi muda.

Terlebih selama pandemi, pekerja seni kesulitan dalam memamerkan hasil karyanya kepada masyarakat. Acara pentas seni merupakan salah satu kegiatan promosi dan informasi melalui lagu dan tarian daerah khas Kubar.

Mewakili Bupati Kubar FX Yapan, Sekretaris Kabupaten Ayonius membuka langsung acara pentas seni itu mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiai oleh Disdikbud yang memberikan wadah kepada generasi muda untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Ayonius menambahkan pentas seni khusus pelajar ini menjadi ajang untuk menunjukkan kreativitas di bidang seni dan budaya agar generasi Kubar tidak melupakan jati dirinya sebagai warga Kubar dalam kehidupan enam etnis yang mendiami.

Pada pentas seni kali ini lebih dari 100 pelajar berpartisipasi menampilkan tari-tarian daerah, tari kreasi, dan peragaan busana daerah. Semua ditampilkan dengan latar musik tradisional yang juga dimainkan para pelajar. Mereka dengan semangat memainkan alat musik perkusi, seruling, hingga alat musik petik seperti sape.

Hal ini menjadi indikasi bahwa Kubar tidaklah kekurangan orang-orang yang memiliki minat dan bakat. Jika mampu dikembangkan dan disalurkan secara tepat melalui pembinaan yang baik, maka akan terwujud seperti halnya pagelaran pentas seni dan budaya seperti yang terlaksana saat ini.

Mantan Kadisdikbud Kubar ini merasa bersyukur atas terselenggaranga acara ini karena para pelajar mulai dari tingkat pendidikan usia dini begitu bersemangat menampilkan karyanya. Ia mengajak generasi muda Kubar nantinya mau, mampu, dan siap untuk bersaing dalam prestasi tentunya dengan tetap dalam jati diri masyarakat Kubar. Apalagi Kubar sebagai daerah penyangga IKN, maka unsur dan aspek budayanya jangan sampai hilang.

“Sekali lagi, generasi Kubar adalah generasi yang sehat, cerdas, dan memiliki kualitas mempuni,” tutup Ayonius. (adv/disdikbudkaltim)

Penulis: Fitra Mayca

Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: