Ika Pakarti Kubar Siap Kontribusi Untuk Daerah

  • Bagikan
Ketua DPP Ika Pakarti Kaltim, Rusmadi Wongso didampingi Bupati Kubar yang diwakilkan Kepala BKAD Sahadi, membuka secara resmi Musda ke-4, di BPU Kampung Linggang Purwodadi, Kec. Linggang Bigung. (Foto: Lukman/infokubar.id)

SENDAWAR, Infokubar.id – Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (DPD Ikapakarti) Kubar hari ini (19/11/2022) menggelar agenda penting.

Pemilihan ketua baru jadi salah satu poin yang bakal dibahas dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-4 yang dipusatkan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Linggang Purwodadi, Kecamatan Linggang Bigung.

Agenda ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Samarinda, H. Rusmadi Wongso. Namun, kapasitasnya dalam hal ini adalah sebagai Ketua DPP Ikapakarti Kaltim. Ia didampingi pengurus inti di antaranya Sudarno, dan Achmad Zaini beserta pengurus lainnya.

Sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), masa bakti kepengurusan yang habis pada bulan September 2022 ini, mengamanahkan untuk mempersiapkan kepengurusan baru.

Selain itu, organisasi yang bertujuan mempererat silaturahmi warga keturunan Jawa di Bumi Tanaa Purai Ngeriman, juga semakin baik.

“Amanah dari aturan organisasi jadi acuan pembentukan panitia dan telah bekerja mempersiapkan perangkat sampai terlaksananya Musda,” ujar Waluyo selaku ketua panitia.

Waluyo juga menegaskan, bahwa anggaran pelaksanaan Musda kali ini adalah murni internal organisasi, tidak ada kepentingan politik semata.

“Sebab, ini uang iuran jajaran pengurus dari panitia. Jadi, mohon tidak untuk dikaitkan dengan isu politik apapun,” tegas Waluyo yang juga berprofesi sebagai dokter itu kepada media ini.

Kepada para peserta Musda, pesan yang disampaikan Ketua DPP Ika Pakarti, Rusmadi Wongso adalah untuk menjalankan Musda dengan penuh guyub rukun. Azas musyawarah mufakat harus dijunjung tinggi.

“Tidak ada hal yang tidak bisa dibicarakan. Proses demokrasi harus ditegakkan. Jika tidak mencapai mufakat, maka voting adalah jalan terakhir,” ujarnya.

Rusmadi Wongso (tengah) didampingi Ketua Departemen OKK Ika Pakarti Kaltim saat menghadiri Musda ke-IV DPD Ika Pakarti Kubar. (Foto: infokubar.id)

Rusmadi juga menyinggung, Musda adalah langkah awal menuju penyusunan program kerja yang berpihak pada masyarakat. Ika Pakarti ke depan diharapkannya mampu menjawab kebutuhan anggotanya. Misalnya, dalam hal pendampingan terkait hukum.

“Juga memberikan kemudahan pada akses-akses pelayanan publik seperti kesehatan dan pendidikan. Peran seperti inilah yang akan memberikan nilai lebih Ikapakarti di mata anggotanya,” ungkap Rusmadi.

Tidak kalah penting lanjut mantan Sekretaris Provinsi Kaltim ini ialah dalam proses pelestarian budaya yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab yang diemban bersama.

“Walau untuk urusan ini, tidak hanya jadi kewajiban warga Jawa. Kebudayaan yang ada harus dilestarikan, dan ini menjadi tanggung jawab kita semua,” pungkasnya.

Ketua DPD Ika Pakarti Kubar demisioner Puncan Karna. (Foto: infokubar.id)

Untuk diketahui, pada periode sebelumnya, Paguyuban Jawa Ika Pakarti di kabupaten “Beradat” ini dinakhodai Puncan Karna sebagai ketua DPD hingga masa periode habis per September 2022. Mengingat selama ia menjabat, kegiatan di tubuh organisasi tersebut memang lama vakum.

“Saya harap dengan adanya ketua DPD terpilih ini dapat membawa angin segar bagi keluarga besar Ikapakarti di Kubar,” sebut Puncan Karna ditemui usai pembukaan Musda. (adv)

Penulis: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: