Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kubar Lakukan Kunjungan Wisata Budaya di TBS

SENDAWAR, Infokubar.Id – Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kutai Barat, baru saja menuntaskan kunjungan wisata budaya di UPT. Taman Budaya Sendawar, Selasa (1/8/2023).

Di awali dengan menyaksikan tarian kesenian adat Dayak setibanya di TBS, rombongan yang dipimpin Hatifah Bayu Pramesti selaku Ketua IAD Kubar ini juga mengunjungi rumah lamin adat dan rumah patung adat Dayak Tunjung Benuaq.

Dipaparkan Hatifah, kunjungan wisata budaya adalah salah satu program tahunan yang bertujuan untuk mengeksplor kearifan lokal dan keanekaragaman budaya yang ada di Kota Beradat. “Ini wujud nyata kami dalam menjalankan program kerja di bidang sosial budaya,” jelas istri Kajari Kubar Bayu Pramesti.

Sebelumnya rombongan IAD Kubar juga berkunjung ke salah satu situs bersejarah di Kecamatan Jempang yaitu Lamin Pepas Eheng di Kampung Mancong. “Di sana kami mengunjungi beberapa pengrajin dan melihat proses pembuatan tas-tas rotan,” ujar Ketua Bidang Sosisial Budaya, Nadia Ali Akbar.

Diketahui, program wisata budaya ini membawa tujuan khusus tiap anggota untuk berinteraksi dengan pengalaman baru mengunjungi tempat-tempat menarik di Kubar yang selama ini belum banyak dikenali.

Tak hanya itu, lewat pengalaman baru yang didapatkan di sepanjang wisata budaya berjalan, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran untuk turut ambil bagian dalam melestarikan situs sejarah dan cagar budaya di Kubar. (*)

Penulis : Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: