Isi Kekosongan, Dinkes Akan Tugaskan Dua Nakes di Pustu Muara Beloan

Kepala Dinkes Kubar dr. Rita Sinaga (kiri). (Foto: Prokopim Kubar)

SENDAWAR, Infokubar.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) akhirnya merespon terkait kekosongan tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Pembantu (Pustu) Kampung Muara Beloan. Pasalnya per tanggal 1 Maret 2022 kemarin satu-satunya nakes di Pustu Muara Beloan pindah tugas ke Pustu Kampung Muara Bunyut.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinkes Kubar dr. Rita Sinaga menyebut akan ada dua nakes, yakni bidan dan perawat yang akan ditempatkan di Pustu Muara Beloan, Kecamatan Muara Pahu per 1 April 2022 nanti. Hal ini disampaikannya pada rapat koordinasi (rakor) Dinkes Kubar di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Camat Muara Pahu, Kamis (24/3) kemarin.

Turut hadir dalam rakor tersebut Camat Muara Pahu Asrin Surianto, Plt. Sekcam Muara Pahu Abdul Fatah bersama jajarannya, Pimpinan UPT Puskesmas Muara Pahu Sugianto dan unsur muspika.

Rita mengatakan, dipindahkannya Eka Karmila, bidan yang bertugas di Pustu Muara Beloan ke Pusat Kesehatan Masyarakat Kampung (PKMK) Kampung Muara Bunyut, Kecamatan Melak itu dikarenakan kondisinya yang tengah hamil anak kembar dan sungsang.

“Sehingga berdampak pada kondisi kesehatan bidan dan anak yang dikandungnya, serta permintaan dari bidan itu sendiri, dikarenakan harus merawat orangtuanya yang sedang kena penyakit stroke,” kata Rita.

Kantan Kepala Puskesmas Melak itu juga mengimbau kepada para petinggi, apabila kekurangan nakes dan fasilitas kesehatan di daerahnya masing-masing diharapkan bisa berkoordinasi dengan puskesmas induk, sehingga sinergitas selalu terjaga.

Sementara itu, Pimpinan UPT Puskesmas Muara Pahu Sugianto menambahkan, terkait akan ditempatkannya dua nakes di Pustu Muara Beloan, akan dilakukan orentasi di Puskesmas Induk (Muara Pahu) selama tiga bulan. Seperti, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan lainnya.

“Apabila sudah dianggap mampu, baru nakes itu bisa ditempatkan di Pustu Muara Beloan,” kata Sugianto.

Untuk mengantisipasi kekosongan pelayanan kesehatan terhadap warga di Kampung Muara Beloan sampai nakes dalam tahap orientasi itu selesai.

“Tim UPT Puskesmas Muara Pahu akan melakukan kunjungan dalam pelayanan kesehatan. Yakni satu minggu, bisa sekitar 1 atau 2 kali berkunjung,” ujarnya. (tra/man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: