Jadi Transportasi Alternatif, Speedboat Berkah Saudara Siap Layani Penumpang dari Melak ke Samarinda Pekan Depan

  • Bagikan
Speedboat Berkah Saudara (Foto: @berkah.saudara/instagram)

SENDAWAR, infoKubar.id – Jasa transportasi speedboat Sungai Mahakam bakal beroperasi dalam waktu dekat. Informasi yang dihimpun media ini, keberangkatan perdana dijadwalkan pada 12 Juli 2021 mendatang. 

Meski terjadwal akan melakukan keberangkatan perdana dari Pelabuhan Melak, belum ada isyarat lampu hijau dari Dinas Perhubungan Kubar terkait beroperasinya transportasi angkutan Sungai Mahakam itu.

Kepala Dishub Kubar, Rakhmat saat dikonfirmasi penulis melalui telepon belum dapat terhubung. Meski belum keterangan resmi pemerintah dalam hal itu, pihak pemilik speedboat memastikan beroperasi sesuai jadwal yang ditentukan tersebut.

“Sesuai jadwal berangkat dari pelabuhan Melak menuju Samarinda itu tanggal 12 Juli 2021, dengan tujuan rest area alias beristirahat sejenak di Kota Bangun, setelah itu lanjut ke Samarinda,” sebut perwakilan pemilik speedboat lewat akun Instagram Berkah Saudara, kepada penulis.

Speedboat Berkah Saudara (Foto: @berkah_saudara/instagram)

Hadirnya kembali jasa transportasi speedboat ini memberikan warna baru masyarakat sebagai alternatif transportasi menuju ibukota Provinsi. Sebab, selama ini hanya dua moda transportasi yang masih bertahan di tengah pandemi yang tak kunjung mereda. Jalur darat menggunakan travel dan Kapal Taksi Motor di jalur sungainya.

Ketersediaan armada speedboat tujuan dari Melak ke Samarinda maupun sebaliknya itu, direncakan akan ditambah menjadi dua armada. “Untuk sementara 1 (speedboat) dulu min, jikalau lancar kita tambah lagi. Jadi 1 hari ada 2 speedboat yang berangkat dari Samarinda dan Melak,” ujarnya.

Adapun biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti jasa transportasi Mahakam ini dipatok dengan harga Rp 400 ribu per orang, dari Melak ke Samarinda maupun sebaliknya. Dengan 5 jam perjalanan sampai di Pelabuhan Pasar Pagi Samarinda. Speedboat ini bermuatan 20 hingga 25 orang penumpang di dalamnya. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: