Jelang Pemilu Serentak, Bawaslu Gelar Koordinasi Bersama Insan Pers

Bawaslu Kubar menggelar rapat kehumasan bersama awak media di Hotel Sidodadi, Kamis (22/12/2022). (Foto: Riska/infokubar.id)

SENDAWAR, Infokubar.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menggelar rapat pengelolaan kehumasan bersama dengan KPU dan awak media lokal. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Sidodadi, Kelurahan Simpang Raya, Barong Tongkok, Kamis (22/12/2022).

Acara dibuka dan dipimpin oleh Plh Bawaslu Kubar, Muthar Kusuma Atmaja. Pihaknya memandang perlunya dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka menguatkan program kerja kehumasan jelang pemilu serentak 2024.

“Kegiatan ini bertujuan membangun komunikasi serta terjalinnya rasa persaudaraan antara Bawaslu dan media, terutama sebagai mitra kerja terkait pemberitaan dalam pelaksanaan pemilu,“ ujar Muhtar.

Dalam kegiatan ini turut hadir Ketua Kubar KPU Arkadius Hanye, wartawan Kaltim Post Rudi Suhartono beserta awak media.

Hanye sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena pengelolaan kehumasan merupakan kegiatan yang strategis guna publikasi kegiatan bawaslu.

Agenda ini digelar untuk memberikan materi khususnya kepada awak media agar lebih bijak dalam menulis berita terkait pelaksanaan pemilu yang akan dipublikasikan ke media sosial maupun media cetak.

Rudi Suhartono sebagai narasumber menerangkan bahwa penulisan haruslah sesuai dengan tahapan dan menekankan pentingnya kode etik jurnalistik. Hal inilah yang menjadi pedoman penting bagi jurnalis agar berita yang diterbitkan tidak melanggar hukum.

“Ada yang layak diberitakan dan ada yang tidak layak diberitakan karena mungkin ada SARA dan lain sebagainya,” tegas Rudi.

Harapan dari terlaksananya rapat yakni kedepannya Bawaslu dan pihak media dapat berelasi saling berbagi informasi serta menjalin hubungan yang baik dalam publikasi terkait pemilu. (*)

Penulis: Riska Amelia | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: