Kepala UPT Pelabuhan Melak: H-2 Lebaran Terakhir Kapal Berangkat ke Samarinda

Kepala UPT Pelabuhan Melak, Jumadi. (Foto: Istimewa)

SENDAWAR, Infokubar.id – Jumlah penumpang kapal dari Pelabuhan Melak meningkat drastis dalam empat hari terakhir. Armada terakhir yang berangkat menuju Samarinda dijadwalkan pada H-2 lebaran, Sabtu (30/04/2022) ini.

Moda transportasi sungai masih menjadi pilihan masyarakat di musim mudik lebaran tahun ini. Terlebih kondisi jalan darat yang kurang bagus, akibatkan waktu tempuh Melak-Samarinda bisa mencapai 12 jam.

Armada kapal sungai yang berangkat dari Pelabuhan Melak hanya ada dua unit setiap harinya. Meskipun terjadi lonjakan jumlah penumpang, tidak ada penambahan armada menuju kota Samarinda.

“Untuk sementara kapal itu dua aja, dari Melak ada satu dan dari Mahulu satu untuk setiap harinya,” ujar Kepala UPT Pelabuhan Melak, Jumadi kepada wartawan Jumat (29/04/2022) sore.

Lonjakan jumlah penumpang pun sudah mulai terjadi sejak 4 hari ini. Peningkatan tersebut diduga karena diperbolehkannya mudik oleh pemerintah dan cuti bersama menjelang Idulfitri awal pekan depan.

“Arus mudik di dermaga Melak ini sudah empat hari ini terjadi lonjakan penumpang. Jumlah penumpang meningkat drastis, biasanya hanya 50 orang di hari biasa sekarang terisi semua maksimal hingga 150 orang,” terangnya.

Jumadi menyebut angkutan kapal penumpang menuju Samarinda terakhir pada H-2 lebaran atau hari Sabtu ini. 

“Kalau lebaran tanggal 2 berarti kapal hari Sabtu terakhir. Kalau lebaran sampai 3 kapal hari Minggu masih ada,” jelas Jumadi.

Sementara itu, angkutan kapal dari Melak-Samarinda dan sebaliknya baru akan ada lagi pada H+1 lebaran.

Pihak UPT Pelabuhan Melak sendiri tidak melakukan pemeriksaan khusus kepada calon penumpang. Hanya saja mengimbau untuk disiplin menggunakan masker.

“Kalau syarat penumpang hanya protokol kesehatan berupa masker saja,” pungkasnya. (tra/man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: