Kesbangpol Sosialisasikan PP Tentang Paskibraka di Kota Bangun Darat

Remaja sekolah menyimak sosialisasi dari Kesbangpol Kukar.

TENGGARONG, Infokubar.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menggelar Sosialisasi Peraturan Presiden No. 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Kegiatan yang dibuka oleh Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti bertempat di Gedung Serbaguna Desa Kota Bangun 3, Kecamatan Kota Bangun Barat.

Kegiatan tersebut diikuti peserta siswa-siswi SMA dan SMP di Kecamatan Kota bangun Darat dan Kec. Muara Muntai. Hadir sebagai narasumber Kaban Kesbangpol Rinda Desianti dan PPI Kab. Kutai Kartanegara Fatmawati.

Dalam sambutan Kaban Kesbangpol mengatakan Perpres ini mengatur mengenai Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Program Paskibraka) yang dilaksanakan dengan mendasarkan pada nilai-nilai Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Program Paskibraka dilaksanakan kepada Paskibraka, Purnapaskibraka, dan Purnapaskibraka Duta Pancasila, serta terhadap aktivitas kepaskibrakaan. Paskibraka bertugas pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Untuk itu saya harap kepada peserta agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, dan terapkan ilmu yang didapatkan nanti dalam kehidupan sehari-hari,” Ucapnya.

Lebih lanjut Rinda juga mengatakan saat ini kemajuan teknologi informasi dalam rangka globalisasi yang dapat menghilangkan nilai-nilai karakter kebangsaan. Oleh karena itu melalui momentun ini diharapkan kepada para peserta untuk dapat menyebarluaskan materi yang telah disampaikan di sekolah masing-masing.

“Tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini, tentunya bagaimana siswa yang ada di wilayah Kabupaten Kukar khususnya di Kota Bangun Darat dan Muara Muntai benar-benar menjadi harapan orang tua mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif,” ujarnya.

Rinda mengatakan Program Paskibraka yang tertuang dalam Peraturan Presiden bisa dijadikan sebagai sarana untuk mencetak calon-calon pemimpin berkarakter Pancasila yang memiliki kematangan intelektual, kreatif, percaya diri, inovatif, dan memiliki semangat pengabdian terhadap masyarakat, bangsa dan negara yang tinggi. (Adv/Diskominfo Kukar)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: