Kini Listrik di 7 Kampung di Siluq Ngurai Menyala 24 Jam

Peresmian listrik 24 jam di Siluq Ngurai. (Foto: Prokopim Kubar)

SENDAWAR, Infokubar.id – Akhirnya masyarakat Kecamatan Siluq Ngurai bisa menikmati pelayanan listrik secara penuh. Pasalnya saat ini PLN memberikan kenyamanan dengan meningkatnya jam operasional listrik menjadi 24 jam.

“Tentunya ini yang sangat didambakan oleh warga di mana listrik bisa dinikmati selama seharian penuh dan membuat kualitas kehidupan masyarakat meningkat. Kami selaku Pemerintah Kabupaten Kutai Barat siap bersinergi dan memberikan dukungan penuh, sehingga ke depannya proyek-proyek tenaga listrik bisa berjalan lancar,” kata Bupati Kutai Barat FX Yapan dalam pers rilis, Rabu (16/3/2022) dilansir IDN Times.

PLN telah melakukan program gridisasi dan peningkatan jam nyala menjadi 24 jam di sistem Tanjung Isuy (Jempang) dan sistem Tebisaq (Siluq Ngurai). Gridisasi bertujuan menghubungkan jaringan distribusi tegangan menengah 20 kV yang semula belum terhubung dengan sistem, menjadi terhubung agar suplai dan kehandalan listrik meningkat.

Dengan telah dilakukannya gridisasi, kini Siluq Ngurai disuplai oleh Sistem Sentawar dengan Daya Mampu 16,5 MW dan Beban Puncak 14,5 MW. Sementara Beban Puncak untuk Kec. Siluq Ngurai sendiri adalah 190 kW.

Selanjutnya, dengan diresmikannya peningkatan jaringan listrik ini, maka terdapat 7 kampung dalam wilayah Kecamatan Siluq Ngurai yang telah dialiri jaringan listrik selama 24 jam, yakni Kampung Muhur, Sangsang, Kaliq, Tanah Mea, Tebisaq, Muara Kelawit, dan Bentas

Lanjut Bupati, saat ini kelistrikan di Kubar disuplai dari 6 Pusat Pembangkit Listrik yang tersebar di Melak, Long Iram, Tanjung Isuy, Dilang Puti, Kelumpang, dan Muara Pahu. Dari total sistem tersebut hanya Dilang Puti dan Kelumpang yang masih beroperasi 12 jam, selebihnya sudah 24 jam.

Sementara itu, Camat Siluq Ngurai, Bartolomius Djukuw dalam kesempatan itu mengatakan mengucapkan syukur atas terealisasinya operasional PLN sudah 24 jam dari semula 12 jam pada 7 kampung dalam Kecamatan Siluq Ngurai di tahun 2022 ini.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati FX Yapan atas perhatiannya terhadap pembangunan di Kubar, khususnya dalam wilayah Kecamatan Siluq Ngurai. Bukti nyata kerja keras, pengorbanan dan sinergi semua pihak,” paparnya.

Dia menuturkan, Kecamatan Siluq Ngurai terdiri dari 16 Kampung. Hingga saat ini, masih ada 9 Kampung yang belum teraliri PLN. Camat berharap agar kedepannya dapat diprioritaskan.

“Harapannya dengan menyala 24 jam listrik ini bisa berdampak positif. Salah satunya di dunia pendidikan, pelayanan kesehatan, administrasi di polsek serta pelayanan publik yang dilaksanakan pemerintah dapat terlaksana dengan baik,” tandasnya.

Sebagai informasi, saat ini PLN juga telah melakukan pembangunan jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 62 kms, jaringan tegangan rendah (JTR) 17,69 kms, gardu 450 kVa yang menghubungkan sistem Kota Bangun, Sistem Bongan, Tanjung Isuy sekaligus melistriki Kampung Muara Gusik, Siram Makmur, Siram Jaya, Muara Siram, Bekokong Makmur serta JTM sepanjang 33,2 kms menghubungkan Tanjung Issuy-Sang Sang (Siluq Ngurai)-Kampung Dingin, sehingga listrik di Siluq Ngurai bisa beroperasi selama 24 jam. (tra/man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: