Kubar Terima Penghargaan KLA Tingkat Pratama

  • Bagikan
Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Puspayoga. (Foto: detik.com)

SENDAWAR, infoKubar.id – Sebuah pencapaian untuk Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yang diterima pada tahun 2021. Kubar baru saja menerima penghargaan peringkat Pratama sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diumumkan pada acara penghargaan KLA Tahun 2021 secara virtual yang diterima oleh Bupati Kubar FX Yapan pada Kamis (29/07) dari ruang koordinasi Setdakab Kutai Barat, Sendawar.

“Tentu kita bersyukur dan berterima kasih atas upaya yang telah kita laksanakan selama ini. Hari ini kita menerima penghargaan KLA dengan predikat Pratama, mudahan tahun depan kita mendapat penghargaan tingkat madya,” ucap Bupati dikutip dari rilis resmi Pemkab Kubar.

Lebih lanjut ia mengimbau agar pada tingkat Dinas/Badan/Kantor dan Bagian di lingkup Penerintah Kabupaten Kubar untuk terus mendukung dinas pemberdayaan perempuan (DP2KBP3A) dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyebut pada tahun 2021 KPPPA kembali menyelenggarakan evaluasi pelaksanaan kabupaten/kota layak anak lainnya yang tertunda karena pandemi. Penghargaan KLA terakhir diselenggarakan tahun 2019 lalu dan telah berlangsung sejak 2006.

“Penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim Kementerian PPPA, tim kementerian/lembaga, dan tim independen,” kata Bintang.

KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media, dan dunia usaha. KLA bertujuan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Bintang menyebut kabupaten/kota yang menerima penghargaan KLA tahun ini mengalami peningkatan dari 249 pada 2019 menjadi 275 kabupaten/kota pada 2021. Perolehan ini dikatakannya merupakan hasil dari menguatnya peran seluruh pihak dalam memenuhi dan melindungi anak-anak di kabupaten dan kota masing-masing.

Total terdapat 4 kota yang mendapatkan KLA Kategori Utama. Sementara itu, penghargaan kabupaten/kota lainnya diberikan kepada 38 kabupaten/kota peraih KLA tingkat Nindya, 100 kabupaten/kota peraih kategori KLA tingkat Madya, dan 133 kabupaten/kota peraih kategori KLA tingkat Pratama.

Bintang menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada daerah yang memperoleh penghargaan di tahun 2021, atas segala upaya dan kerjasama yang diberikan. Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat untuk semakin maju dalam pemenuhan hak anak dan melindungi anak di daerahnya masing masing.

KLA diamanatkan oleh Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak yang juga didukung UU Pemerintahan Daerah. Hal itu semakin diperkuat dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: