Lestarikan Budaya Khas Melayu, Tari Kolosal “Gemeoh” Suskes Digelar

SENDAWAR, Infokubar.id – Tari kolosal “Gemeoh” Siam Ultima sukses hipnotis ribuan masyarakat yang menonton ajang pelestarian budaya lokal adat Melayu di Kecamatan Melak, pada Senin (3/9/2022) pagi. 

Sebanyak 250 pelajar dan pemuda dilibatkan dalam persembahan tarian kolosal tersebut dalam memeriahkan hari jadi ke-221 tahun kecamatan Melak dan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Melak ke-110 tahun.

Muhammad Jailani selaku Koordinator Tari Kolosal “Gemeoh” Siam Ultima mengatakan, pentas yang bertajuk “Gemeoh” merupakan pertujukan tarian jepen yang ditarikan dengan balutan busana khas khas Melayu yang bernuansa Islami dari Indonesia dengan tata rias minimalis, terlihat santun, bersahaja dan bersahaja.

Tarian ini adalah tarian yang mempersentasikan kebudayaan melayu dan merupakan kesenian tradisional khas pesisir Sungai Mahakam yang memiliki filsapat melayu dan adat ketimuran.

Hal ini sebagai bentuk ungkupan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa (TYHE) dalam rangka hari jadi kecamatan Melak dan Pemcam Melak. Dengan harapan hari esok lebih baik dan kecamatan Melak semakin jaya.

Adapun peserta penari tersebut berasal dari 16 sekolah di wilayah kecamatan Melak. Yakni, SMAN 1 Sendawar, SMKN 1 Sendawar, Madrasah Aliyah Negeri Kubar, SMK Sinar Abadi, SMA Muhammadiyah, SMP Muhammadiyah, SMK Kartini dan SMP Kartini.

Kemudian, SMPN 1 Melak, Madrasah Tsanawiyah Kubar, SDN 001 Melak, SDN 002 Melak, SDN 003 Melak, SDN 004 Melak, SD Muhammadiyah 001 Melak, Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Melak, pemuda kampung Melak dan Empas,”rincinya. (adv/disdikbudkaltim)

Penulis : Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: