Lestarikan Kekayaan Budaya, Dekranasda Kubar Gelar Lomba Cerita Wastra

Ketua Dekranasda Kubar, Yayuk Seri Rahayu. (Foto: Prokopim Kubar)

SENDAWAR, Infokubar.id – Dalam rangka peringatan Hari Kartini bulan April mendatang, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menggelar Lomba Cerita Wastra Kubar. Lomba ini dimulai pada 26 Maret sampai 26 April 2022.

Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu dalam press releasenya mengatakan, lomba cerita wastra ini, merupakan ajang mempromosikan kain khas Kubar agar lebih dikenal luas. Diharapkan, lomba cerita wastra ini mampu memberikan rasa bangga bagi generasi muda dalam menggunakan kain khas Kubar.

Cerita wastra ini juga menjadi wadah mempromosikan pengrajin wastra maupun usaha industri kecil menengah di wilayah Kubar, dengan produk lokalnya kepada publik. Selain itu, mempopulerkan wastra sebagai bagian dari busana keseharian, khususnya untuk generasi muda dan meningkatkan kesadaran serta kecintaannya terhadap kekayaan budaya,” kata Yayuk pada Sabtu (26/3/2022).

Sekretaris Dekranasda Kubar Yuyun Diah Setyorini menambahkan, tujuan lomba ini untuk melestarikan, mempromosikan, menumbuhkan rasa bangga, dan mencintai wastra Kubar.  

Adapun persyaratannya cukup mudah, yakni mengunggah foto peserta menggunakan kain khas Kubar dan menambahkan narasinya berupa cerita wastra yang menarik tentang peserta dan kain ke media sosial Instagram dekranasda Kubar, @dekranasdakutaibarat2020.

Berikutnya, peserta juga wajib mencantumkan nomor teleponnya pada postingan tersebut. Untuk pemenang lomba akan diumumkan pada 26 April 2022 mendatang.

“Sedangkan bagi peserta yang memiliki jumlah “like” terbanyak, akan menjadi juara favorit,” ujarnya. (tra/man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: