Lewat Sumpit, Pieter Sumbang Emas Untuk Kaltim di Ajang Potradnas IX di Jawa Barat

Christian Pieter (dua kanan) tergabung dalam tim sumpitan beregu berhasil raih emas di Potradnas IX, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (Foto: infokubar.id)

OLAHRAGA, Infokubar.id – Rangkaian ajang Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas) IX 2023 sukses digelar di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Christiardi Pieter, salah satu atlet asal Kubar ikut sumbangkan medali emas untuk Kalimantan Timur lewat olahraga tradisional sumpitan. Ia tergabung dalam tim bersama atlet putri asal Samarinda.

Menpora Aribimo Nandito Ariotedjo mengatakan Potradnas IX bertujuan untuk mempromosikan olahraga tradisional serta melestarikan warisan budaya Indonesia.

“Potradnas IX tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga berperan sebagai daya tarik wisata dan industri olahraga,” ujarnya, Senin (12/06) saat membuka event dua tahunan itu.

Pada edisi tahun ini, Potradnas diikuti 27 Provinsi plus 8 Kabupaten/Kotamadya melibatkan kawula muda berusia 15-22 tahun itu. Sebanyak lima jenis olahraga tradisional dipertandingkan, di antaranya egrang putra, terompa panjang putra, hadang putri, gasing putra, dan sumpitan.

Kontingen Surabaya tampil sebagai juara umum dengan perolehan 1 emas dan 2 perak. Sementara Kaltim yang kirimkan total 18 atletnya berhasil pulang dengan raihan 1 emas dan 1 perunggu.

“Saya berharap ke depannya olahraga tradisional di Kubar bisa lebih diperhatikan lagi supaya lebih banyak yang berminat dan menghasilkan atlet-atlet berprestasi,” ujar Pieter kepada media ini.

Pemuda kelahiran Muara Asa ini juga mengucapkan terimakasih kepada Portina Kubar yang turut mendukungnya untuk ikut ke Potradnas ini. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: