Lirik Potensi Pariwisata di Wilayahnya, Pemdes Muara Ritan Mulai Bentuk Pokdarwis

TENGGARONG, Infokubar.id – Komitmen untuk mengembangkan pariwisata tengah dilakukan Pemerintah Desa Muara Ritan, Kecamatan Tabang, Kukar. Pengembangan sektor wisata itu dinilai sebagai potensi alternatif bagi masyarakat desa. Hal tersebut lantaran masyarakatnya mayoritas berprofesi sebagai petani kelapa sawit dan pemilik sarang burung walet.

Kepala Desa Muara Ritan, Ardy Maroni, mengatakan salah satu langkah yang akan dilakukan oleh Pemdes Muara Ritan adalah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dengan melibatkan para pemuda di Desa Muara Ritan, sebagai pengurusnya.

“Tahun ini kami fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM). Tahun depan, 2024, kami akan meningkatkan fasilitas dan sarana prasarana untuk mendukung potensi wisata,” ucap Ardy, Jumat (17/11/2023).

Dalam waktu dekat, Ardy memastikan Pokdarwis dan kelompok UMKM akan diberikan pelatihan kewirausahaan dan membentuk kelompok kewirausahaan. Setelah kelompok ini terbentuk, fokus Pemdes Muara Ritan akan dialihkan untuk membangun infrastruktur pendukung sektor wisata.

“Jadi, nanti fasilitasnya sudah tersedia dan SDM-nya juga sudah siap,” jelasnya.

Ia berharap, sektor wisata ini tidak hanya dikelola oleh Pokdarwis saja, melainkan juga dapat bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Oleh karena itu, perlu dilakukan sinkronisasi antara Pemdes Muara Ritan, Pokdarwis, dan BUMDes.

“Kami juga akan melibatkan masyarakat dan berusaha melibatkan pihak ketiga (swasta) atau investor. Di wilayah kami, terdapat banyak perusahaan besar yang siap berkontribusi aktif dalam pengembangan desa wisata kami,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Redaksi : Infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: