Mahulu Diguncang Gempa Lagi! Kali Kedua Dalam Bulan Ini

Ilustrasi seismograf gempa bumi.

UJOH BILANG, Infokubar.id – Gempa bumi kembali mengguncang Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). Kekuatan gempa kali ini mencapai 4,0 magnitudo. Gempa terjadi pada Selasa (27/6/2023) dini hari.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stage of Balikpapan, gempa terjadi pukul 03.44 Wita. Lokasi gempa berada di 95 kilometer tenggara Mahulu dengan edalaman gempa hanya 10 kilometer.

BMKG menjelaskan, gempa ini disebabkan oleh aktivitas sesar lokal di kedalaman dangkal. Getaran gempa dirasakan cukup kuat di Mahulu. Intensitas gempa mencapai II-III MMI (skala Mercalli Modifikasi).

Belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa ini. BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak percaya dengan isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

“BMKG adalah sumber informasi resmi mengenai gempa bumi dan tsunami. Informasi resmi BMKG disampaikan melalui kanal komunikasi resmi yang terverifikasi,” demikian imbauan BMKG.

Sebelumnya, Mahulu juga diguncang gempa bumi dengan kekuatan lebih besar, yakni 4,6 Magnitudo pada Selasa (20/6) siang. Gempa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan berarti, namun getarannya sempat membuat gempar masyarakat di Kecamatan Long Bagun, Long Laham dan Long Hubung yang bergegas keluar dari rumahnya. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: