Meriahkan Dahau Sendawar, Dinas Pertanian Gelar Sendawar Beauty Cat Show

Asisten III Setdakab Kubar, Sahadi membuka Sendawar Beauty Cat Show di Luuq Tonyooi, Sabtu (28/10/2023).

SENDAWAR, Infokubar.id – Pemkab Kutai Barat (Kubar) melalui Dinas Pertanian (Distan) turut meramaikan Dahau Sendawar dengan menggelar kontes kucing. Lomba yang diberi nama Sendawar Beauty Cat Show 2023 ini diikuti 71 ekor kucing selama dua hari 28-29 Oktober bertempat di Luuq Tonyoi, Taman Budaya Sendawar, Barong Tongkok.

Kontes kucing yang pertama kali digelar di Kubar ini melombakan berbagai kategori, di antaranya kategori fashion show, kesehatan dan performa, serta ekor panjang yang terbagi kucing ras hingga kucing lokal.

Beberapa kriteria penilaian dalam perlombaan Beauty Cat Show 2023, di antaranya kesehatan umum yang meliputi mata, telinga, hidung, gigi dan gusi, kulit dan bulu, berat dan otot. Kemudian tempramen yang meliputi kewaspadaan, kelembutan, penenangan dan kepribadian. Terakhir perawatan yang meliputi kesehatan cakar, berenang, terawatt rapi dan kerontokan berlebihan.

Bupati Kubar yang diwakili Asisten III Setdakab Sahadi mengungkapkan, kontes kucing dalam rangkaian Festival Dahau tahun ini merupakan perdana diadakan di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Kegiatan seperti ini sekaligus untuk memperkenalkan dan juga mempromosikan Dinas Pertanian yang mana bukan hanya mempromosikan kegiatan yang ada di kantor melainkan bisa mempromosikan kegiatan lainnya,” ujar Sahadi.

Sementara itu, Kepala Distan Alexander Samson menyebutkan bahwa perlombaan Beauty Cat Show 2023 menjadi perhatian di OPD yang dipimpinnya. Sebutnya, populasi kucing menunjukkan perkembangan yang luar biasa. Berdasarkan data dari Bidang Peternakan pada tahun 2023, jumlah populasi kucing mencapai 15.322 ekor.

“Kucing menjadi perhatian bagi kami yang merupakan salah satu hewan yang dekat dengan kehidupan masyarakat. Karena melalui kucing, ada beberapa penyakit yang bisa menular kepada manusia seperti scabies, kudis atau kurap,” ungkapnya.

Hal itu menunjukkan perbandingan populasi penduduk yang ada di Kubar yang saat ini mencapai 125 ribu jiwa, sehingga bsa dikatakan dalam populasi setiap 9 orang mempunyai satu ekor kucing. Namun, angka itu belum termasuk dengan kucing liar.

Dalam Beauty Cat Show ini juga digelar pemeriksaan kesehatan hewan, vaksin rabies dan juga pemberian vitamin yang diberikan secara gratis. (Adv/Diskominfo Kubar)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: