Meriahkan Perayaan HUT Kubar, 750 Pelajar Berlatih Pentaskan Tari Kolosal

  • Bagikan
Penari kolosal berlatih memadukan koreo di halaman Taman Budaya Sendawar, Barong Tongkok. (Foto: Widy)

SENDAWAR, Infokubar.id – Perayaan HUT ke-24 Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dipastikan bakal berlangsung meriah. Tidak tanggung-tanggung ratusan orang bakal mementaskan tarian kolosal pada 5 November mendatang.

Perayaan yang diberi nama Dahau itu merupakan salah satu tarian yang dipersembahkan oleh ratusan penari yang menggunakan kostum khas suku Dayak.

Penari yang terdiri dari siswa-siswi sekolah menengah atas dan kejuruan serta sanggar tari itu sebelumnya telah disaring melakui audisi oleh tim pelatih. Hasilnya sekitar 750 penari itu telah mulai berlatih sejak awal Oktober.

“Awal bulan September kita melakukan audisi di sekolah, khususnya SMA dan SMK di seluruh kecamatan di Kubar, dan sekitar 750 pelajar terpilih untuk bergabung dalam tari kolosal,” jelas Hertalina, salah satu koreografer tari kolosal kepada wartawan.

Selain mentas pada puncak perayaan Dahau, penari kolosal ini juga akan menjadi bagian dari penyambutan Presiden RI Joko Widodo yang dijadwalkan berkunjung ke Kubar pada 3 November.

“Kita memiliki dua agenda, yang pertama adalah untuk menyambut Bapak Presiden RI Joko Widodo, dan yang kedua adalah pertunjukan tari kolosal pada tanggal 5 November nanti,” ujarnya.

Tahun ini, tari kolosal Kubar akan memiliki beberapa perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Akan ada penambahan elemen etnis dalam tarian ini, yang terdiri dari etnis Jawa, Batak, Toraja, dan Nusa Tenggara Timur yang akan melengkapi 6 etnis yang sudah ada di Kubar,” terangnya.

Persiapan tarian kolosal ini melibatkan 21 pelatih terbaik di Kubar untuk melatih 750 penari yang terdiri dari 6 pelatih dan 15 asisten pelatih. Hertalina berharap lewat momentum ini agar pelajar di Kubar terus melestarikan budaya dan seni yang ada di kubar. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: