Pemdes Saliki Kembangkan Kawasan Mangrove Jadi Destinasi Wisata

TENGGARONG, Infokubar.id – Pemerintah Desa Saliki Kecamatan Muara Badak berencana akan mengelola kawasan mangrove di desanya. Itu dilakukan untuk menjadikan destinasi wisata unggulan. Kawasan ini sebelumnya merupakan Pusat Informasi Mangrove dan kini dikelola oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Kepada media ini, Kepala Desa Saliki, Saliansyah mengatakan, saat ini pihaknya telah berkomunikasi dengan para pihak terkait pengelolaan tersebut. Salah satunya, dengan pihak provinsi untuk merencanakan pengelolaan kawasan mangrove. Rencana itu diharapkan dapat berjalan mulus dan sesuai harapan sebagai destinasi wisata yang menarik dan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat sekitar.

“Kami berencana mengelola kawasan ini melalui Badan Usaha Milik Desa. Kami juga membutuhkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten dan swasta untuk melakukan renovasi dan pengembangan,” kata Saliansyah, Minggu (19/11/2023).

Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa pengelolaan kawasan mangrove tersebut menjadi destinasi wisata memang tidak mudah. Pasalnya prosesnya melibatkan banyak pihak dan urusan administrasi yang cukup kompleks.

Sebab, kawasan mangrove di wilayah desa yang ia pimpin, adalah daerah konservasi dalam perlindungan pemerintah. Terlebih lagi fungsi kawasan mangrove itu kian vital, sebab digunakan sebagai antisipasi abrasi bibir pantai di wilayah desa.

Oleh sebab itu, Saliansyah mengatakan gagasan mereka untuk membangun objek wisata tetap harus sejalan dengan program pelestarian mangrove, sehingga harus ditangani dengan hati-hati. Walau demikian, pihaknya tetap optimis kawasan mangrove itu ke depan akan menjadi wisata unggulan.

“Kami juga berharap bisa memberikan dampak baik bagi desa kami,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Redaksi : Infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: