Pemkab Kubar Salurkan 50 Ekor Sapi Pada Idul Adha Tahun Ini

  • Bagikan
Pemotongan hewan kurban saat pelatihan juru sembelih halal di halaman Masjid Al Muttaqin Islamic Center Kubar, beberapa waktu lalu. (Dok. infoKubar.id)

SENDAWAR, infoKubar.id – Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah akan dirayakan besok (20/07/2021) oleh umat Islam di seluruh dunia. Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat kembali akan mendistribusikan sebanyak 50 ekor sapi kurban yang tersebar di masjid dan musala.

Tercatat secara keseluruhan ada sebanyak 382 masjid dan musala di Kubar. Penyaluran bantuan hewan kurban dari Pemkab Kubar ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada umat musllim di Kabupaten Beradat. Sementara untuk pembagiannya sendiri diatur secara merata dan bergiliran.

“Bagi yang pernah dapat, diharapkan bergantian untuk yang belum, ”kata Wabup Kubar H. Edyanto Arkan, di Ruang Kerjanya Lantai 3 Kantor Bupati Kubar.

Sudah menjadi kewajiban dan sering kita jumpai pada tiap perayaan Hari Raya Idul Adha selalu dibarengi dengan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, ia mengingatkan penyembelihan hewan kurban dan pembagiannya harus mengikuti protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

Penerapan prokes saat proses penyembelihan dan pembagian hewan kurban amat penting untuk mencegah munculnya klaster penularan Covid-19 di tengah tren penularan yang terus bertambah di Tanaa Purai Ngeriman ini.

“Panitia wajib meminimalkan kerumunan, semua wajib memakai masker dan pelindung mata, menggunakan pembersih tangan sesering mungkin. Kemudian menjaga jarak antar panitia lainnya, minimal 1 meter, Apalagi saat ini, kasus covid-19 terus bertambah,” terang orang nomor dua di Kubar ini.   

Saat disinggung media terkait pasokan hewan kurban, H. Edy sapaan akrabnya menyampaikan cukup dan tidak ada masalah soal itu.

“Secara keseluruhan sapi di Kubar untuk keperluan kurban pada Hari Raya Idul Adha kelihatannya cukup. Karena ada beberapa kandang penggemukan sapi yang ada di Kubar dan berjumlah ratusan ekor. Rata-rata satu kandang berkisar 125 ekor sampai 200 ekor dan juga diikuti oleh masyarakat lain yang memelihara sapi,” pungkasnya. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: