Penari Kukar, Pukau Pengunjung Kaltim Festival Gate Of Nusantara di TMII

Tarian Ksatria Memanah oleh penari Kukar.

TENGGARONG, Infokubar.id – Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) turut memeriahkan Kaltim Festival 2023 dengan Tema Gate Of Nusantara. Acara yang dibuka oleh Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik ditandai pemukulan Kendang Jimbe Gendang Rabana berlangsung di Anjungan Kaltim Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Dalam kegiatan itu, semua kabupaten/kota di Kalimantan Timur turut mengambil peran salah satunya Kutai Kartanegara dengan penampilan berbagai tarian khas daerah, juga peragaan fashion show motif batik khas melayu Kutai dengan desainer ternama Imam Pranawa, hingga promosi produk Usaha, Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kukar tampil perdana dalam Festival Kaltim Gate Of Nusantara, menampilkan Tarian Ksatria Memanah. Adapun sinopsis atau ringkasan alur ceritanya bermula dari kisah para ksatria yang lahir dan bertijak di tanah kerajaan. Dengan bersenjatakan panah, para ksatria tunduk pada karsa dan asa yang sama, menjadikan sosok bersahaja serta gagah berani, menjaga setiap penjuru wilayah kerajaan.

Terejawantahkan dari gerakan tarian kreasi para ksatria yang lihai dalam memanah yang dibalut dengan berbagai ragam gerak dasar dari tari Keraton Kutai. Para ksatria disenjatai oleh panah yang rela untuk berkorban. Terpatri pada sumpah setia dan mengabdi demi terciptanya kedamaian negeri kerajaan.

Biasanya tarian tersebut juga dipentaskan di Keraton Kutai Kartanegara serta dalam upacara sakral ritual Bepelas Sultan. Tarian tersebut juga menjadi bagian dari upacara adat Erau yang hingga saat ini masih dipertahankan keberadaannya.

Dari penampilan itu, para pengunjung di Anjungan Kaltim TMII memberikan upplause atau tepuk tangan  dan apresiasi atas pelestarian seni budaya yang saat ini terus dilestarikan di Tanah Kutai kartanegara.

“Kaltim Festival Gate Of Nusantara ini bagian untuk mempromosikan potensi seni budaya yang ada di Kutai Kartanegara baik di kancah nasional maupun mancanegara,” ucap Kadispar Kukar Slamet Hadiraharjo. (Adv/Diskominfo Kukar)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: