Pengurus Baru Resmi Dilantik, Sahadi Harap Portina Bisa Lestarikan Olahraga Tradisional

Sahadi bersama pengurus Portina menjalani pelantikan di Taman Budaya Sendawar, Barong Tongkok (20/3/2023). (Foto: Istimewa)

SENDAWAR, Infokubar.id – Pelantikan Pengurus Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) Kabupaten Kutai Barat periode 2023-2027 resmi dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk mendukung dan mewujudkan program pemerintah melestarikan olahraga tradisional di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Portina Kaltim Sumarlani di Panggung Taman Budaya Sendawar, Senin (20/3/2023).

Ketua Portina Kubar, Sahadi dalam sambutannya menyampaikan jika olahraga tradisional harus dilestarikan seiring dengan adanya perkembangan zaman dan arus globalisasi yang sangat kuat.

“Saya harap kepengurusan ini bisa melestarikan olahraga tradisional sekaligus mampu mencapai target juara,” kata Sahadi.

Sahadi juga menegaskan bahwa selain perlu dilestarikan, olahraga tradisional juga merupakan daya tarik wisatawan yang cukup kuat. Apalagi saat ini imbuhnya, wisata berbasis budaya sangat diminati oleh masyarakat ataupun wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Harus diakui olahraga tradisional jadi salah satu atraksi wisata di setiap destinasi. Ada banyak daerah yang olahraga tradisionalnya sangat baik, dan saya berharap ada olahraga tradisional dari Kutai Barat yang bisa menarik daya wisata,” paparnya.

Sahadi berharap di bawah kepengurusannya, Portina Kubar bisa segera menyusun berbagai agenda termasuk melakukan pemetaan atlet dan juga memetakan sarana dan prasarana untuk pengembangan olahraga.

“Pemerintah sangat mendukung pelestarian olahraga tradisional dengan tujuan agar warisan budaya nenek moyang bisa kita lestarikan bersama,” imbuhnya.

Dia juga berpesan bagi pengurus yang sudah dilantik diharapkan bisa bekerjasama dan bersinergi semua pihak kedepan. Karena oltrad ini, secara khusus akan melakukan kerjasama baik dengan Dispora, Disdikbud, dan lainnya.

Selain itu, tahun ini Portina akan menyelenggarakan even oltrad skala besar, dalam rangka memeriahkan Dahau pada November mendatang.

“Pesertanya akan melibatkan perangkat daerah, sekolah, komunitas di kampung se-Kubar,” ujarnya. (Adv)

Penulis | Editor: Redaksi Infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: