Pengurus KTNA Kubar Belajar ke Berau, Persiapan PEDA XI 2025 Mendatang

TANJUNG REDEB, Infokubar.id – Kabupaten Kutai Barat (Kubar) bakal menjadi tuan rumah Pekan Daerah XI Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA XI KTNA) tahun 2025 mendatang. Dinas Pertanian dan pengurus KTNA Kubar sedini mungkin menyiapkan diri.

Pada perhelatan akbar itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubar melalui Dinas Pertanian dan pengurus KTNA setempat, ingin pelaksanaan kegiatan berjalan baik dan semarak. Serta menghasilkan output yang besar bagi kemajuan petani dan nelayan di Kaltim, secara khusunya di Kubar.

Dalam rangka menyiapkan itu semua, Selasa (14/2/2023), Dinas Pertanian dan pengurus KTNA Kubar bertandang ke Kabupaten Berau. Mereka melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Pertanian Berau. Mengingat, Kabupaten Berau adalah tuan rumah PEDA X KTNA pada tahun 2019 lalu.

Hadir dalam acara kunjungan kerja dan studi banding tersebut, antara lain, dari rombongan KTNA Kubar, yakni Ketua KTNA Kubar Ekti Imanuel, Wakil Ketua Casto Mauludin dan Sunaryo, serta Bendahara Adrianus. Adapun dari rombongan Dinas Pertanian Kubar, yakni Sekertaris Setianus dan Kabid Dinas Pertanian Albina.

Kehadiran rombongan KTNA dan Dinas Pertanian Kubar, mendapatkan sambutan dari Dinas Pertanian Berau. Ikut memberikan sambutan yakni Ketua KTNA Berau Mukalal, serta pengurus KTNA Berau yang lainnya.

Kepada media ini, Ketua KTNA Kabupaten Kubar Ekti Imanuel mengatakan, bila pihaknya memang sengaja mengadakan kunjungan kerja ke Pemkab Berau. Kunjungan ini bertujuan untuk berkoordinasi sekaligus studi banding ke Dinas Pertanian dan KTNA Berau, yang telah sukses melaksanakan PEDA X KTNA tahun 2019 lalu.

Menurutnya, pelaksanaan PEDA KTNA di Berau terbilang berjalan sangat baik dan sukses. Sehingga pihaknya merasa patut untuk meniru kesuksesan yang sudah dilakukan Pemkab Berau. Terlebih lagi dalam pertemuan akbar itu, didapatkan banyak hasil yang baik bagi kemajuan petani dan nelayan di Kaltim.

“Secara umum, kunjungan kerja kami ke Berau ini, adalah untuk belajar. Kami ingin studi banding dalam rangka mempersiapkan Kubar sebagai Tuan Rumah PEDA XI KTNA Tahun 2025 mendatang,” ujarnya.

Di sisi lain, pria yang duduk sebagai Anggota DPRD Kaltim ini berharap, melalui persiapan yang sedini mungkin. Maka pelaksanaan PEDA XI KTNA 2025 di Kubar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan banyak program strategis bagi kemajuan dunia pertanian dan nelayan di Benua Etam, sebutan Kaltim.

“Sebagai lokasi pembangunan Ibu Kota Negara, tentunya kita masyarakat Kaltim, mesti menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Tidak terkecuali untuk menjadikan Kaltim sebagai daerah yang bisa memberikan distribusi bagi kebutuhan pangan di IKN Nusantara. Hasil pertanian dan nelayan adalah diantaranya,” paparnya.

Tidak hanya itu, Ekti Imanuel ingin, Dinas Pertanian dan KTNA Kubar dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan. Baik di Kubar maupun dalam lingkup yang lebih luas seperti Kaltim.

“Kubar sebagai Tuan Rumah PEDA XI KTNA 2025, saya kira harus mengambil momentum tersebut untuk menyiapkan berbagai program strategis bagi peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan kedepannya. Termasuk dalam menyambut IKN itu sendiri,” tandasnya. (Adv)

Penulis/Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: