Peringatan HPN 2023, Sahadi: Pers Merupakan Pilar Demokrasi

Kepala BKAD Kubar, Sahadi berikan ucapan dan pesan pada Hari Pers Nasional 2023. (Foto: Istimewa)

SENDAWAR, Infokubar.id – Kebebasan pers yang bertanggungjawab dengan berdasar pada prinsip-prinsip dan etika jurnalistik harus terus digaungkan. Hal ini karena, pers merupakan komponen dari demokrasi yang harus dirawat dan dijaga serta dihormati oleh semua elemen.

Hal itulah yang menjadi atensi Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kubar Sahadi dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 pada 9 Februari 2023.

“Pers memiliki peran besar dalam pembangunan, ia merupakan salah satu pilar demokrasi,” kata Sahadi, Kamis saat diwawancarai media ini usai Festival Durian Sendawar (9/2/2023).

Ia menegaskan di tengah maraknya informasi yang tidak terbendung di media sosial, dan bahkan berujung pada informasi palsu atau hoaks, pers memiliki peran besar dalam melakukan edukasi kepada masyarakat. Oleh karenanya, berita yang bertanggungjawab dengan memegang etika dan prinsip jurnalistik menjadi penyaring informasi hoaks.

“Kadang di media sosial kita sering mendapat informasi palsu, maka fungsi pers adalah menetralisir hal tersebut dengan baik,” tuturnya.

Bahkan, menjelang tahun politik pada 2024, lanjut Sahadi, fungsi pers benar-benar urgen. Sehingga, sikap independen dan objektif harus benar-benar dijaga oleh seluruh insan pers baik yang ada di Kabupaten Kutai Barat maupun di Indonesia pada umumnya.

“Sekali lagi dalam kesempatan ini, saya mewakili diri saya sendiri dan Kabupaten Kutai Barat mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2023,” pungkasnya. (Adv)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: