Perkuat Sektor Usaha Kecil, Pemkab Kukar Bakal Bangun Klinik UMKM

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Dinas Koperasi-UKM Kukar, Dianto Raharjo.

TENGGARONG, Infokubar.id – Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) berencana membangun Klinik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tiga kecamatan tahun ini. Upaya itu merupakan salah satu program dedikasi Kukar Idaman yang bertujuan memperkuat sektor UMKM agar bisa meningkatkan kapasitas produksi dan daya saing produknya.

Nantinya, Klinik UKM akan menjadi wadah usaha terpadu. Layanana yang disediakan meliputi pengembangan usaha yang cepat, mudah dan profesional. Harapannya, semakin banyak masyarakat Kukar yang menjadi pengusaha baru.

Tiga wilayah yang dipilih, yakni Kecamatan Anggana, Kota, Bangun dan Muara Badak yang akan didirikan Klinik UMKM tahun ini. Alasannya karena di sana sudah terbangun UMKM Center.

“Tujuan didirikan klinik ini adalah untuk memberikan layanan gratis kepada masyarakat dan pelaku usaha di wilayah Kabupaten Kukar,” ungkap Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Dinas Koperasi-UKM Kukar, Dianto Raharjo, belum lama ini.

Tak hanya itu, keberadaan klinik ini diharapkan memberikan solusi yang kerap dihadapi masyarakat dan pelaku usaha. Dimulai dari memberikan bantuan modal koperasi, pendampingan manajerial usaha hingga pemasaran.

Pihaknya meyakini, dibentuknya klinik UMKM ini dapat lebih mengoptimalkan fungsi UMKM center. Para pengusaha tidak perlu jauh-jauh mengurus administrasi perizinan ke DiskopUKM Kukar. Semua bisa dilayani di Klinik UMKM setempat. (Adv/Diskominfo Kukar)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: