Pesawat Batal Terbang, Kadin Buka Opsi Layani Refund Tiket Penumpang

SENDAWAR, Infokubar.id – Maskapai Wings Air yang melayani penerbangan Kutai Barat-Balikpapan dan sebaliknya pada Senin (2/20/2023) kemarin terpaksa harus mengalami pembatalan. Hal itu diakibatkan jarak pandang terhalang oleh kabut asap yang cukup tebal. 

Sebelumnya Wings Air dijadwalkan berangkat dari bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan menuju bandara Melalan, Kutai Barat pada Senin siang kemarin.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kutai Barat selaku penanggungjawab penjualan tiket pesawat sudah berkoordinasi dengan maskapai untuk mencari solusi terbaik bagi penumpang.

Ketua Kadin Kubar, Hengki menuturkan ada dua opsi yang disepakati bersama, yakni melakukan reschedule atau menjadwalkan ulang waktu penerbangan dan refund atau mengembalikan uang tiket penumpang.

“Memang di MoU kita dengan pihak Maskapai itu, tidak ada pengembalian. Karena, kalau misalnya batal hari ini, terbangnya ikut jadwal berikutnya. Tapi kan tidak bisa terus menerus begitu, kasihan penumpang,” kata Hengki kepada wartawan.

Lalu saat disinggung mengenai refund tiket, Hengki mengatakan pihaknya akan berupaya melakukan pengembalian tiket kepada setiap penumpang namun dengan catatan tidak 100 persen dikembalikan.

“Paling bisa kita bantu 80 persen tetapi kalau dia (penumpang) ikut jadwal berikutnya tidak masalah, artinya tidak perlu bayar lagi karena sudah bayar,” ungkapnya.

Pria yang juga menjabat Ketua PERADI-SAI ini turut memberikan alasan tidak bisa redund tiket 100 persen lantaran pihaknya telah melakukan blocking seat atau pembayaran kepada pihak maskapai Wings Air.

“Beda hal kalau dia cabut atau tidak ikut jadwal penerbangan berikutnya, itu pasti kita carikan solusi dengan mengembalikan 80 persen uang tiket mereka. Ini kebijakan kamu dari Kadin untuk membantu penumpang,” tegasnya.

Diketahui, jumlah penumpang pesawat yang direncanakan terbang dari Balikpapan ke Kubar pada Senin kemarin (2/10) tercatat sebanyak 70 penumpang, sedangkan jumlah penumpang dari Kubar menuju Balikpapan berjumlah 44 orang. 

Sementara itu, untuk jadwal penerbangan berikutnya di hari Jumat (6/10/2023) nanti belum bisa dipastikan. Lantaran kondisi nanti yang belum bisa diprediksi terkait masalah kabut asap yang saat ini masih menyelimuti Kubar. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: