Pilkam Serentak Sukses Digelar, Petahana Masih Dominan

SENDAWAR, Infokubar.id – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkam) serentak di 99 kampung se-kabupaten Kutai Barat usai digelar sejak Jumat (10/3/2023) kemarin. Tercatat sebanyak 324 kandidat maju bertarung dalam pemilihan petinggi (kepala kampung) yang tersebar di 99 kampung se-Kubar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kubar, Erik Victory memastikan pelaksanaan pilkam berjalan aman hingga penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Sebanyak 54.720 orang dari daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkam 2023 ini dipastikan telah menggunakan hak suaranya. Namun dari jumlah itu hanya 42.802 perolehan suara yang masuk, sisanya golput alias tidak ikut mencoblos,” ujar Erik.

Jika dipersentasekan partisipasi pemilih dalam pilkam serentak ini sebesar 76,6 persen. Ditambahkannya, para kandidat terdiri dari 309 laki-laki dan 15 perempuan. Kemudian calon petahana yang kembali bertarung, yaitu 68 orang. Namun hanya 43 petahana yang kembali terpilih.

Hal menarik lain yang menjadi sorotan kali ini ialah partisipasi kaum hawa pada pilkam. Nuansa kesetaraan gender mulai dirasakan para perempuan di Kabupaten Beradat. Dari 15 orang yang mencalon, ada 2 calon perempuan yang terpilihz.

“Meski diakui belum dapat mewakili keterwakilan perempuan seperti yang dipersyaratkan. Tapi ini menjadi catatan penting bagi kami, yang artinya kesetaraan gender mulai terlihat dalam Pilkam Kubar ini,” lanjutnya.

Pada pilkam serentak, Erik mengatakan belum digelar di seluruh kampung melainkan baru separuh saja. Sebab total kampung di Kubar sebanyak 190 kampung tersebar di 16 kecamatan.

“Sisanya kurang lebih 91 kampung lagi akan menggelar pemilihan serupa pada 2025 mendatang. Juga secara serentak,” tandasnya.

Penulis: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: