PKK Sekolaq Darat Juara Festival Pangan Lokal B2SA Tingkat Kabupaten

  • Bagikan
Ketua TP- PKK Kutai Barat, Yayuk Seri Rahayu mengikuti penutupan festival pangan lokal B2SA secara virtual. (Foto: Humas Kubar)

SENDAWAR, Infokubar.id – Lomba festival pangan lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Kutai Barat 2021 telah berakhir. Tim Penggerak PKK Sekolaq Darat berhasil menjadi Juara 1 dalam lomba tersebut. Pengumuman pemenang disampaikan secara virtual pada Senin (20/09/2021) jam 09.00 pagi.

Sebelumnya lomba telah dilaksanakan di Gedung Serbaguna Tim Penggerak PKK, Jln. Sendawar Raya, Kelurahan Barong Tongkok pada Kamis (16/9/2021) lalu. Lomba diikuti 8 kecamatan, antara lain, Melak, Barong Tongkok, Muara Pahu, Damai, Nyuatan, Sekolaq Darat, Long Iram, dan Siluq Ngurai.

Sementara itu, juara dua diraih TP-PKK kecamatan Melak, disusul Nyuatan sebagai juara ketiga. Berturut-turut harapan 1 sampai 3 diraih oleh Muara Pahu, Damai, dan Siluq Ngurai. Kemudian untuk kategori terlezat diraih oleh TP-PKK kecamatan Long Iram, menu kreatif oleh TP-PKK kecamatan Barong Tongkok, menu berimbang oleh TP-PKK kecamatan Sekolaq Darat dan kategori beragam diraih oleh kecamatan Nyuatan.

Dewan juri terdiri dari 5 orang, Yayuk Seri Rahayu dan Kresensia Rikam dari TP-PKK Kubar, Rina Giptalina dari Dinas Ketahanan Pangan, Rahmayani John dari Dinas Kesehatan, dan Stephanus Liah selaku Ketua Persatuan Ahli Gizi Kubar.

Ketua Dewan Juri, Yayuk Seri Rahayu mengatakan bahwa pada umumnya para peserta sudah cukup baik. Namun, ada yang harus dibenahi terutama unsur gizi, keseimbangan rasa, cara mengolah, aspek kebersihan, dan keamanan untuk dikonsumsi.

Yayuk berpesan kepada peserta agar terus meningkatkan kreativitas dan kualitas mengolah bahan pangan lokal di Kubar sehingga bernilai tinggi yang bisa dikonsumsi untuk keluarga, anak-anak dan masyarakat. Sebagai penutup, dirinya tak lupa mengucapkan selamat kepada pemenang.

“Selamat kepada para pemenang, semoga ke depan tetap lebih berkarya di bidang kuliner, dan kepada yang belum mendapatkan juara jangan berkecil hati teruslah mencoba dan menggali potensi lokal yang ada sehingga festival pangan lokal B2SA di tahun berikutnya bisa menjadi juara,” ucap Yayuk kepada peserta lomba. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: