Pokdarwis Batuq Bura Ungaan Uwee Raih Harapan I Lomba Tingkat Provinsi

  • Bagikan

SENDAWAR, Infokubar.id – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Batuq Bura Ungaan Uwee Kampung Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan mendapat penghargaan sebagai Harapan I dalam Lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi Kaltim 2021. Lomba tersebut kembali digelar tahun ini oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Dispar Prov. Kaltim) setelah terakhir tahun 2019 lalu.

Kegiatan berlangsung selama dua hari, 4-5 Oktober 2021 di Hotel Mercure Samarinda. Sebanyak 8 perwakilan Pokdarwis kabupaten dan kota di Kaltim turut hadir. Sementara itu, dua kabupaten, yaitu Mahakam Ulu dan Paser tidak ikut.

Dewan Juri yang melakukan penilaian terdiri dari 6 orang, antara lain DPD HPI Awang Jumri, DPD ASITA Syarifuddin Tangalindo, DPD IHGMA Budi Wahjono, akademisi pariwisata Politeknik Negeri Samarinda I Wayan Lanang Nala, dan Praktisi Pokdarwis Taufik Noor.

Dilansir akun Instagram Pemprov Kaltim, Kepala Dispar Prov. Kaltim, Sri Wahyuni menyatakan tujuan diadakannya lomba antara lain untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan terutama melalui pengembangan SDM sebagai motor penggerak pariwisata di kawasan masing-masing. 

“Kami berharap lomba ini semakin memacu semangat pokdarwis di kabupaten/kota untuk berkompetisi positif sehingga potensi objek-objek desa wisata di Kaltim terus diberdayakan menjadi objek wisata unggulan. Semoga ini memotivasi pokdarwis-pokdarwis yang lain untuk lebih berkembang lagi,” kata Sri Wahyuni.

Proses penilaian lomba pokdarwis telah dilaksanakan sejak akhir Agustus lalu. Tim juri berkeliling mengunjungi secara langsung pokdarwis di masing-masing kabupaten/kota.

Lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2021 dimenangi oleh Pokdarwis Kang Bejo (Balikpapan). Juara kedua diraih Pokdarwis Benua Etam (Bontang), dan juara ketiga Pokdarwis Mahligai (Berau).

Selanjutnya, Harapan I Pokdarwis Batuq Buta Ungaan Uwee (Kubar), Harapan II Pokdarwis Karya Ambalat (Kukar) dan Harapan IIII Pokdarwis Amanah Masjid Shirathal Muttaqien (Samarinda).

Dispar Kubar yang turut mendampingi Pokdarwis Batuq Bura Ungaan Uwee sangat mengapresiasi pencapaian perwakilan Kubar itu. Meskipun baru terbentuk tapi telah mampu berkoordinasi baik dengan masyarakat dan perangkat kampungnya, khususnya dalam pengembangan objek wisata. Sehingga dalam kondisi pandemi sekalipun masih dapat memberdayakan masyarakat setempat dalam meningkatkan ekonomi melalui destinasi pariwisata yang ada.

“Selamat atas penghargaan dalam Lomba Pokdarwis tingkat provinsi mendapatkan juara Harapan I pada tahun 2021 ini. Pokdarwis Berdaya, Pariwisata Bangkit Untuk Kaltim Berdaulat,” ujar Yiska Jumeiana, Kasi Bina Usaha Sarana dan Jasa Pariwisata Dispar Kubar kepada media ini.

Pada tahun ini, tak kurang 13 pokdarwis sudah dibuatkan Surat Keputusan oleh Dispar Kubar. Hal ini untuk menguatkan secara kelembagaan dalam mengelola objek wisata dan peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Dispar melakukan pelatihan, sosialisasi, dan pendampingan tentang pokdarwis. Sebab program Dispar pada tahun 2020-2021 melakukan peningkatan SDM untuk setiap kampung yang memiliki objek wisata khususnya milik pemerintah,” pungkas Yiska. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: