Program CSR PT ITCI Bangun Posko Terpadu

SENDAWAR, InfoKubar.id – Sebagai bentuk kontribusi, sekaligus dukungan untuk menjaga lingkungan di Kutai Barat, PT ITCI Kartika Utama membentuk Pos Terpadu Damkarhutlah di Kampung Muara Gusik Kecamatan Bongan.

Posko ini, bertujuan untuk mencegah dan menangani terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutlah).

Dr Nicholay Aprilindo SH.,MH.,MM. Selaku public affairs & goverment relations Arsari Group, Selasa (1/8/2023) menyampaikan, pembentukan pos in, sebagai bentuk kontribusi dan dukungan dari PT ITCIKU terhadap masyarakat, Pemerintah dan Negara. Utamanya dalam hal kepedulian lingkungan, untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Saat ini, kata dia, pembangunan posko tersebut sudah memasuki tahap pematangan lahan yang dimulai pada hari Sabtu (29/07/2023).

Dikatakan, pos terpadu tersebut merupakan bagian dari community social responsibilty (CSR) dari PT ITCIKU.

Selain membangun Pos Damkarhutlah, nantinya akan membangun klinik kesehatan yang dapat dipergunakan oleh masyarakat umum. Utamanya, masyarakat sekitar Kampung Muara Gusik.

“Kita juga akan bangun pos Harkamtibmas TNI-Polri dan management security dari Management PT ITCIKU, serta menyediakan mobil pemadam kebakaran utk percepatan dalam penangan kebakaran hutan,” ujarnya.

Pembangun pos terpadu tersebut, lanjut dia, sebagai bagian dari program PT ITCIKU, bersama pemerintah dalam progam karbon atau reboisasi hutan.

Diharapkan, dengan program ini untuk menunjang hutan lestari di IKN. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan hal-hal yang akan terjadi, seperti bencana alam.

Termasuk mengantisipasi badai elnino yg diperkirakan pada bulan Agustus nanti. “Pembangunan Poskarhutlah tersebut sebagai sumbangsi dari PT ITCIKU terhadap masyarakat, pemerintah dan Negara Demi kepentingan Bersama,” ujarnya.

Ditambahkan, pembangunan pos Damkarhutlah tersebut yang telah diagendakan oleh PT ITCIKU sejak Tahun 2014, dan baru terealisasi bulan juli tahun 2023.

“Ini berkat dukungan dan kerjasama dari instansi terkait dan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat,” imbuhnya.

Pembangunan pos terpadu tersebut berada di dalam areal konsesi HPH PT ITCIKU di Blok 5700 Kampung Muara Gusik Bongan Kabupaten Kutai Barat. (adv)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: