Resmi Dimulai! Kampung Kelian Jadi Pusat Lokasi TMMD ke-113 di Kubar

Bupati FX Yapan (kiri) bersama Komandan Kodim 0912/Kbr Letkol Kav. Yudhi Prasetyo (kanan) dalam peresmian TMMD ke-113 di Kantor Bupati Kubar, Rabu (11/5/2022). (Foto: Prokopim Kubar)

SENDAWAR, Infokubar.id – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 dengan Tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” secara resmi dibuka Bupati Kutai Barat FX Yapan. Didampingi Komandan Kodim 0912/Kbr Letkol Kav. Yudhi Prasetyo Purnomo, acara pembukaan tersebut berlangsung di Ruang Koordinasi Lantai 3 Kantor Bupati pada Rabu (11/05/2022) kemarin.

Letkol Kav. Yudhi Prasetyo Purnomo mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan Kodim 0912/Kbr di wilayah perbatasan itu akan dilaksanakan selama satu bulan, mulai 11 Mei sampai dengan 9 Juni 2022 mendatang.

TMMD ke-113 di Kubar kali ini berpusat di Kampung Kelian, Kecamatan Damai yang berjarak sekitar 62 Km dari pusat ibu kota kabupaten. Letkol Yudhi menyebut, TTMD di kampung Kelian sebenarnya sudah berlangsung sejak 15 hingga 30 april lalu melalui kegiatan Pra TMMD.

“Jadi untuk pra TMMD kami laksanakan di tengah bulan puasa,” kata Dandim.

Adapun latar belakang dipilihnya kampung Kelian disampaikan Dandim karena daerah tersebut membutuhkan akses jalan yang baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Kondisi jalan yang rusak selama ini mempersulit masyarakat untuk berusaha serta adanya rumah penduduk yang memprihatinkan dan tidak layak huni.

“Nilai tambah dari kegiatan fisik ini adalah meningkatkan perekonomian masyarakat, mempermudah masyarakat menuju ladang, membawa, dan menjual hasil bumi ke ibu kota kecamatan dan kabupaten,” jelasnya.

Berangkat atas dasar itu, Kodim 0912 Kubar membuat sasaran utama yang meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Tentunya dengan harapan dapat menyentuh kepentingan masyarakat setempat secara langsung, guna meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dan mandiri.

Hal tersebut diwujudkan melalui pembangunan fisik berupa semenisasi jalan sepanjang 407,5 meter dan lebar 5 meter. Ditambah dengan renovasi rumah guru SDN 015 Kelian, masjid Al Ikhlas serta pembuatan sumur bor.

Sementara pembangunan non fisik dilakukan dengan pembinaan maupun sosialisasi berbagai program dan kebijakan pemerintah. Kegiatan tersebut meliputi, Penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, Penyuluhan kamtibmas dan narkoba, Penyuluhan hukum, Penyuluhan KB Kes dan stunting, serta Penyuluhan Posbindu, PTM, dan Posyandu.

Sementara itu Bupati Kubar menyambut positif kegiatan TMMD di kampung Kelian pada tahun ini. Bahkan dia berjanji akan menambah anggaran untuk kegiatan karya bakti TNI mendatang.

“Saya minta PUPR menganggarkan untuk kegiatan karya bakti. Dan kalau bisa kegiatan TMMD setiap tahun ada di Kubar,” kata FX Yapan. (tra/man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: