Rilis Fitur Reels dan Musik, Instagram Makin Kayak TikTok?

  • Bagikan
Instagram Reels telah dirilis di Indonesia

infoKubar.id, TEKNO – Beberapa waktu lalu Instagram telah merilis fitur terbaru mereka, yaitu Reels dan Musik yang bisa dirasakan di 80 negara. Di Indonesia sendiri pengguna dapat menggunakannya sejak Kamis (24/6/2021). Ada yang sudah mencobanya?

Banyak respon dari warganet terkait fitur baru di Instagram ini. Banyak yang mengatakan jika Instagram menjadi mirip TikTok, platform berbagi video pendek garapan ByteDance yang tengah digandrungi di dunia itu. Sebelumnya telah banyak konten dari TikTok yang masuk ke Instagram, sekarang justru fiturnya yang jadi mirip TikTok.

Fitur baru Instagram, Reels dan Musik (Foto: iamcherish)

Dari informasi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, fitur Instagram Reels ini sudah hadir lebih dulu dari tahun lalu di beberapa negara. Akhirnya pada pertengahan tahun 2021 ini Indonesia juga bisa menggunakan fitur ini.

Karena terkesan sangat mirip dengan TikTok, ByteDance sebagai pemilik Tiktok sampai menuduh Facebook sebagai induk perusahaan Instagram telah meniru TikTok ke dalam Instagram Reels.

Dilansir dari The Verge, Direktur Produk Instagram, Robby Stein merespons tuduhan tersebut dengan mengatakan bahwa format Instagram Reels berbeda dengan Tiktok. Namun, ia mengakui kalau Tiktok memang mempopulerkan fitur berbagi video pendek.

Bisa ditambahkan filter dan musik, Reels mirip TikTok. (Dok.infokubar.id)

Dari banyak kemiripan tersebut, lalu apa saja manfaat yang bisa pengguna rasakan dari fitur Instagram Reels ini? Tentunya hampir sama seperti TikTok, di mana kita bisa berbagi video pendek yang menarik untuk mendatangkan audiens.

Untuk mengakses fitur Reels ini sangat mudah. Instagram sudah melakukan pembaruan pada tampilan antar mukanya, sehingga Reels punya tombol sendiri di tengah bawah menggantikan ikon + yang biasanya digunakan untuk menambah konten feed, stories maupun IGTV. Setelah menekan tombol Reels pengguna langsung merasakan tampilan ala For Your Page (FYP) di TikTok. Setelah itu pengguna bisa mengunggah video di Reels dan bisa menambahkan efek, stiker, musik, caption, dan lainnya. Pengguna Tiktok tentu tidak akan merasa kesulitan karena kemiripan keduanya.

Kabar baiknya, sebentar lagi kita bisa beriklan Instagram Ada menggunakan Placement Instagram Reels. Selain untuk eksistensi dan personal branding fitur terbaru dari Instagram ini bisa mendatangkan keuntungan juga untuk para kreator. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: