Satu-satunya dari Kubar, David Ikuti Uji Kompetensi Pemandu Wisata Madya di Balikpapan

Welcome dinner peserta Uji Kompetensi Sertifikasi Pramuwisata Madya di Hotel Novotel, Balikpapan. (Foto: Dispar Kaltim)

BALIKPAPAN, Infokubar.id – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menggelar uji sertifikasi kompetensi Pramuwisata Madya, pada 13-15 Maret 2023 di Hotel Novotel, Balikpapan. Satu pemandu asal Kutai Barat ikut serta dalam kegiatan ini.

Kepala Dispar Kaltim Ahmad Herwansyah mengatakan dalam sambutannya, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata yang berkompeten dalam menyambut Ibukota Nusantara (IKN).

“Melalui kegiatan uji sertifikasi kompetensi ini kami pemerintah provinsi kalimantan timur berharap pramuwisata/guide dapat memberikan pelayanan yang sesuai standar pelayanan dalam bidang kepariwisataan,” ungkap Ahmad Herwansyah.

Selain Kubar, pelaksanaan kegiatan ini diikuti pramuwisata dari berbagai daerah di Kaltim, di antaranya Balikpapan, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, dan Berau dengan total peserta 20 orang.

“Pengembangan SDM kepariwisataan Kalimantan timur khususnya pramuwisata/guide adalah salah satu pilar pembangunan pariwisata Kaltim,” imbuhnya.

Turut berpartisipasi pramuwisata asal Kutai Barat, Muhammad Kadapi. Ia datang sebagai bagian dari organisasi pemandu wisata yang terhimpun dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kaltim.

Ini merupakan kali kedua keikutsertaan pria asal Kampung Linggang Kebut ini, setelah pada tahun 2022 lalu ia sudah mengikuti sertifikasi tingkat muda yang juga digelar di Balikpapan.

“Dengan adanya sertifikasi ini seorang yang berprofesi sebagai pemandu wisata telah di akui oleh negara secara legalitas dengan melalui beberapa tahapan perlengkapan berkas dan uji kompetensi,” ujar pria yang akrab disapa David ini.

David yang juga aktif di komunitas Jelajahi Kubar ini menitipkan harapannya untuk pariwisata Kubar yang tengah bangkit pasca pandemi agar makin berdaya saing.

“Pelatihan yang difasilitasi pemerintah ini bisa memicu dan mengembangkan SDM kepariwisataan untuk meningkatkan daya saing serta membuka lapangan pekerjaan lebih luas lagi,” pungkasnya. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: