Sedih, Bocah 9 Tahun di Purworejo Jadi Yatim Piatu Karena Covid-19

  • Bagikan
Vino menjalani isoman di rumahnya. (Dok.Istimewa)

SENDAWAR, infoKubar.id – Alviano Dava Raharjo, ia masih berusia 9 tahun. Namun di usia tersebut, ia harus membesarkan hatinya. Harus tangguh menghadapi cobaan hidup. Hal itu karena ibu dan ayah tercintanya meninggal dunia beberapa waktu lalu akibat terpapar Covid-19. 

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini memang merubah banyak hal dan memberikan imbas yang begitu luar biasa. Mulai dari kebiasaan yang harus dibatasi, hilangnya mata pencaharian, hingga harus kehilangan orang yang kita sayangi.

Pekan lalu menjadi momen terberat dalam hidup Vino. Betapa tidak, kedua orang tuanya meninggal tak terpaut jauh. Lina Sapitri sang ibu Vino, meninggal pada 19 Juli 2021 lebih dulu. Esok harinya, ayahnya Kino Raharjo yang meninggal, pada 20 Juli 2021.

Kini, Vino sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumahnya di Kampung Linggang Purworejo, RT. 4, Kecamatan Tering, Kutai Barat. Lantaran ia juga diduga terpapar Covid-19 Tanpa Gejala (OTG) sambil menanti Swab Test yang kabarnya akan diambil 2 hari lagi.

Selama menjalani isoman, siswa kelas 3 SDN 003 Tering ini dirawat dan dipantau oleh Margono, penjual pentol keliling yang seprofesi dengan ayahnya. Mengetahui hal ini, warga setempat pun berinisiatif menggalang dana dengan membuka donasi untuk membantu memenuhi kebutuhannya selama isoman.

“Sejak menjalani karantina mandiri, Vino sangat membutuhkan bantuan dari keluarga. Namun sangat disayangkan Vino tidak memiliki keluarga. Ia merupakan anak tunggal dari kedua orang tuanya,” terang Mistari selaku ketua Penggalangan Donasi untuk Vino.

Bantuan berupa uang tunai dan sembako seadanya telah diterima Vino oleh pemberian Margono dan Mistari serta masyarakat sekitar melalui usaha penggalanan dana yang dimulai dari kampung Linggang Purworejo. 

Mistari mengungkapkan bahwa masyarakat sekitar sangat prihatin dengan musibah yang dialami oleh adik Vino karena telah ditinggal oleh kedua orang tuanya. Mereka berupaya memberikan perhatian agar Vino tidak sendiri karena Vino memilili tetangga yang baik-baik, sehingga ia mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak membantu adik Vino.

Adapun bantuan berupa uang tunai dapat langsung mengirimkan melalui rekening donasi di nomor rekening Bankaltimtara 0112907947 atas nama Karang Taruna Margo Mulyo.

Pembukaan donasi melalui rekening Karang Taruna (Grafis: infoKubar.id)

“Kami membuka untuk seluruh bantuan yang diberikan warga. Apa sajalah, sembako ataupun uang tunai kami siap menerima. Mohon bisa dicantumkan tidak ada no rek lain saat ini mas, karena kami liat banyak yang melakukan open donasi. Kami takut akan tidak tepat sasaran karena disini kami yang bertanggung jawab atas open donasi ini mas. Di sini kami menjaga jangan sampai ada salah dalam penggalangan dana ini,” lanjut Mistari.

Tak hanya itu, pihak pemerintah kampung setempat pun telah mengeluarkan surat rekomendasi penggalangan dana yang bernomor 140/Pem-Lg.Pwj/VII/2021 tentang dukungan pengalangan dana untuk keluarga almarhum Kino Raharjo beserta istri Akibat Wabah Virus Corona.

Dikonfirmasi media ini, Petinggi kampung Linggang Purworejo, Slamet mengaku prihatin atas musibah yang menimpa seorang anak seperti Vino di usianya yang masih kecil. Ia juga berharap agar penerimaan bantuan dilakukan sebagaimana mestinya. 

“Minta tolong agar bantuan ini tepat sasaran dan dapat tepat dalam pemberian bantuan. Kami di sini juga telah membuka donasi secara online, bagi yang mau transfer silakan,” tandasnya. (sup/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: