Serahkan Bantuan Sarana Pertanian, Sahadi Harap Jadi Semangat Petani Tingkatkan Produksi

Kepala BKAD Kubar Sahadi (tengah) bersama Kepala Dinas Pertanian Petrus (kanan) saat memberikan bantuan sarana pertanian di Kampung Jambuk Makmur, Kec. Bongan. (Foto: Istimewa)

SENDAWAR, Infokubar.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Pemkab Kubar) melalui Dinas Pertanian menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pertanian melalui APBD kepada kelompok tani di Kampung Jambuk Makmur, Kecamatan Bongan, Selasa (13/12/2022).

Bupati Kubar FX Yapan melalui Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Sahadi menyampaikan bantuan ini diharapkan dapat menjadi semangat bagi para petani untuk meningkatkan produksi pertaniannya.

“Sebab pemerintah selalu mendukung penuh kemajuan di bidang pertanian terlebih demi kesejahteraan para petani melalui peningkatkan pendapatan petani di sini,” ujarnya.

Sahadi juga menyampaikan bahwa pentingnya sinergitas Dinas Pertanian yang mengayomi di wilayah Bongan ini bersama dengan para kelompok tani dan seluruh pihak terkait demi terwujudnya sentra pertanian unggulan.

“Nantinya pasti akan menjadikan wilayah Jambuk Makmur ini menjadi salah satu sentra pertanian yang dapat diunggulkan,” pungkas Sahadi. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kubar, Petrus menjelaskan Kecamatan Bongan merupakan salah daerah kecamatan yang menjadi fokus utama dalam pembangunan pertanian di Kubar.

Memiliki luas wilayah 2.274,70 km dengan lahan potensial pemanfaatan pertanian mencapai 2.182 ha.

Padi dan pisang menjadi komoditas utama pada sub sektor tanaman pangan dan holtikultura, kelapa sawit komoditas utama sub sektor perkebunan dan sapi menjadi komoditas utama pada sub sektor peternakan.

“Di Kecamatan Bongan untuk kelembagaan petani terdapat 67 kelompok tani dengan jumlah anggota 1.750 orang dan gabungan kelompok tani berjumlah 16 Gapoktan. Adapun jumlah penyuluh pertanian lapangan (PPL) sebanyak 12 orang dan petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) berjumlah 12 orang,” bebernya.

Petrus juga berharap Kecamatan Bongan yang berbatasan langsung dengan lokasi IKN, diharapkan menjadi sentra pengembangan tanaman pangan dan holtikultura maupun pemasok komoditi lain pada sub sektor perkebunan dan pertanian bagi IKN di masa akan datang. (adv)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: