Iklan kiri
Iklan kiri
Cloud Hosting Indonesia

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Kubar Jalin Kerjasama dengan Unikarta

  • Bagikan

SENDAWAR, Infokubar.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta). Acara berlangsung di Auditorium Aji Tulur Jejangkat (ATJ), Rabu (20/07/2022).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Bupati Kubar FX Yapan dengan Rektor Unikarta Prof. Ince Raden. Tidak hanya penandatanganan MoU, dalam acara tersebut juga menjadi ajang sosialisasi dari Unikarta sebagai perguruan tinggi yang telah berusia 38 tahun berdiri di Kaltim dengan 7 fakultas, 11 program studi dan Pasca Sarjana.

“Agenda hari ini merupakan tindak lanjut komitmen Pemerintah Kubar dan Unikarta terkait upaya pengembangan sumber daya manusia,” ujar Yapan dalam sambutannya.

Kesepakatan yang terjalin antara Pemkab Kubar dan Unikarta terkait kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Nota kesepahaman ini berlaku untuk jangka waktu 5 tahun ke depan.

Melalui MoU ini, Yapan juga menegaskan bahwa kesepakatan yang terjalin oleh Pemkab dan Unikarta memiliki pembaruan komitmen yang berkelanjutan, agar dapat membangun pendidikan yang semakin aktif, mandiri, sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan, dan dalam peningkatan SDM Kubar.

“Ini kebutuhan, bukan kepentingan, suatu daerah dapat maju apabila SDM tercapai dan ini sangat mendasar,” pungkas Bupati Kubar dua periode itu.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga menyambut dengan baik bagi Masyarakat Kubar yang ingin melanjutkan study ke jenjang perguruan tinggi di Universitas Kukar baik untuk melanjutkan S1 maupun Magister di Unikarta.

Dalam kesempatan yang sama, Ince Raden mengatakan bahwa tujuan dari pihak Unikarta adalah untuk mendukung agar generasi muda Kubar di OPD, honorer maupun masyarakat dapat meningkatkan kualitas pendidikannya.

“Kami sangat menyambut untuk mereka bisa studi lanjut di Unikarta. Di mana ini tentu diperlukan oleh pemerintahan sehingga mereka nanti menjadi orang-orang yang memiliki karakter dalam mensupport kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Pemkab Kubar,” terang Rektor.

Ince Raden juga menerangkan bahwa Universitas saat ini sedang berproses untuk membenahi dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui akreditasi.

“Kami berharap kehadiran Unikarta bisa membantu Pemkab Kubar dalam peningkatan SDM di lingkungan Pemkab Kubar itu sendiri terutama dalam pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Ince. (*)

Penulis : Riska Amelia

Editor : Lukman Hakim

Join Grup Telegram Info Kubar untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap harinya. Caranya klik link https://t.me/infokubardotid, kemudian join. #SobatKubar harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Facebook Comments Box
Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: