Tingkatkan Mutu Pendidikan, Disdikbud dan Tanoto Foundation Jalin Kemitraan

  • Bagikan
Tanoto Foundation paparkan program PINTAR Penggerak di Disdikbud. (Foto: infokubar.id)

SENDAWAR, Infokubar.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) berkolaborasi dengan Tanoto Foundation dalam menjalankan Program Pintar Penggerak di Bumi Tanaa Purai Ngeriman. Program ini adalah salah satu bagian dari Program Organisasi Penggerak dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam rangka akselerasi peningkatan kualitas atau mutu pendidikan.

“Kita bersyukur dan berterima kasih bahwa Kubar bisa menjadi salah satu tempat dilaksanakannya program tersebut. Tentunya ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan,” ujar Silvanus Ngampun, Kepala Disdikbud Kubar pada Rabu (15/9/2021) di kantornya.

Dijelaskan Silvanus, program kemitraan tersebut sudah dimulai sejak awal tahun 2021 dan sudah menyeleksi sekolah maupun fasilitator yang nantinya akan diberikan pelatihan. Ada sebanyak 65 sekolah yang menjadi mitra dilaksanakannya program ini dengan jumlah fasilitator sebanyak 75 orang.

“Khusus untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) ada 40 sekolah dan juga Sekolah Menengah Pertama (SMP) ada 25 sekolah. Mereka ini diberikan beberapa pelatihan untuk bisa diseminasikan kepada guru-guru di sekolah lainnya,” ungkap Silvanus.

Silvanus mengatakan program kemitraan ini bisa tergolong cukup singkat, yakni selama 2 tahun hingga tahun 2022 mendatang. Disdikbud Kubar berharap bisa menciptakan peningkatan kualitas Pendidikan yang diinginkan. Setidaknya dari pelatihan yang didapat bisa ditularkan kepada tenaga pendidik lainnya.

“Saat ini para fasilitator yang sudah lolos seleksi akan menjalani beberapa pelatihan. Apalagi sekarang ini Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah mulai dilaksanakan. Jadi pelatihan-pelatihan tersebut bisa nantinya dipraktekkan dalam pembelajaran. Semoga apa yang kita harapkan dan cita-citakan ini bisa terwujud,” imbuhnya.

Tanoto Foundation merupakan lembaga filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto yang memiliki fokus pada penanggulangan kemiskinan melalui dukungan terhadap pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup.

Pelaksanaan Program Pintar Penggerak berfokus pada Pengembangan model pelatihan guru dan kepala sekolah serta pelibatan orang tua (Duta Orang Tua Sahabat Anak Belajar) untuk meningkatkan hasil belajar literasi, numerasi, sains, dan karakter siswa. Tanoto Foundation mendukung program Kemendikbudristek yang mengundang kolaborasi pemerintah dan swasta melalui Program Organisasi Penggerak dimana berbagai model atau praktik baik untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa akan didemonstrasikan oleh banyak mitra pembangunan.

Kabupaten Kubar sendiri turut mendapat bagian Program Pintar Penggerak Tanoto Foundation tahun ini bersama Kabupaten Muaro Jambi (Jambi), Kabupaten Kampar (Riau), dan Kabupaten Tegal (Jawa Tengah). (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: