Transportasi Sungai Jadi Andalan Masyarakat, Puluhan Dermaga Bakal Dibangun dan Direhab Dishub Kukar

Salah satu dermaga di Kutai Kartanegara yang akan dilakukan pemeliharaan Dishub Kukar.

TENGGARONG, Infokubar.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bakal membangun ulang dan merehabilitasi puluhan dermaga. Hal itu bertujuan untuk memberikan kemudahan transportasi sungai bagi masyarakat.

Kepala Dishub Kukar, Ahmad Junaidi mengatakan keberadaan dermaga ini sangat diperlukan masyarakat di wilayah hulu, tengah hingga pesisir. Untuk pembangunan dan rehab dermaga ini menggunakan telah dialokasikan dana melalui APBD-P 2023 sekitar Rp 2,5 Miliar.

“Kita sudah memprogramkan untuk dermaga umum maupun wisata. Baik itu pembangunan maupun pemeliharaan,” jelas Junaidi, Sabtu (14/10).

Junaidi mengatakan, selama 10 tahun terakhir masyarakat telah beralih transportasi dari sungai ke darat, tetapi masih banyak masyarakat yang menggunakan jalur sungai, utamanya warga di hulu mahakam dan pesisir.

“Untuk kegiatan sehari-hari maupun transportasi angkut barang seperti dari Samarinda ke Melak, dan biasanya akan singgah di beberapa titik (dermaga). Termasuk dermaga Aji Imbut untuk naik turun barang ataupun penumpang di situ,” jelas Junaidi.

Selain itu, keberadaan dermaga juga penting untuk wisata. Dishub Kukar juga sudah memiliki program di Tanjung Serai untuk membangun dua titik dermaga di kawasan itu.

“Untuk kebutuhan masyarakat hulu dan pesisir, apalagi di pesisir mayoritas profesi nelayan,” ucapnya.

Untuk diketahui, Dishub Kukar akan membangun 17 dermaga, di antaranya Dermaga Apung Desa Teluk Muda dan Kelurahan Tama Pole. Pembangunan Halte Sungai Desa Liang, Separi, Tanjung Batu, Teluk Muda, Loa Kulu Kota dan Kutai Lama. Pembangunan Dermaga Desa Kersik, Handil Terusan LPHD RT 11, Handil Terusan RT 9 Handil Lotre. Pos Dermaga Muara Muntai, Dermaga Kelekat Kembang Janggut, Dermaga Apung HPDE Handil 2 dan HPDE Wisata Tanjung Serai. Beserta pembangunan lanjutan Dermaga Kota Bangun dan Pasar Muara Muntai Ulu.

Adapun delapan dermaga yang mendapatkan pemeliharaan, yakni Dermaga Kutai Lama, Dermaga Lekak Kidau, Dermaga Sebulu Modern (Dermaga Pasar), Dermaga Sepatin. Beserta lanjutan rehab Dermaga Wisata Pela, rehab fisik Dermaga Kutai lama, Dermaga Wisata Tanjung Serai dan Rehab Jembatan Dermaga Muara Muntai. (Adv/Diskominfo Kukar)

Redaksi Infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: