Ubah Sampah Bernilai Ekonomis, Kelurahan Maluhu Kelola Tiga Bank Sampah

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro.

TENGGARONG, Infokubar.id – Guna mengubah sampah menjadi barang berharga, Pemerintah Kelurahan Maluhu telah membentuk bank sampah dibeberapa Rukun Tetangga (RT).

Hal itu dilakukan sebagai upaya mengubah sampah yang tidak bisa terurai kemudian diolah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Hingga kini, Maluhu telah memiliki tiga bank sampah yang berada di RT 3, 4, dan 23.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro mengatakan, sampah yang telah dikumpulkan oleh pengurus bank sampah akan diolah menjadi berbagai kerajinan tangan.

Kata dia, hasil kerajinan tangan yang telah dibuat dari hasil olahan barang bekas, seperti kursi yang terbuat dari ban bekas.

“Sudah terjual dan laku banyak di pasaran,” ucapnya, Selasa (24/10/2023).

Tri menambahkan, kini setiap rumah masyarakat yang berada di ketiga RT tersebut telah dibuatkan wadah untuk menampung barang-barang bekas.

“Misalkan untuk menampung botol-botol bekas dan plastik yang masih bisa diolah lagi,” katanya.

Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Maluhu itu juga mendapat dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar.

Kata Tri, DLHK Kukar rutin melakukan pembinaan dan pendampingan kepada tiga bank sampah yang ada di Kelurahan Maluhu.

“Bahkan beberapa produk kami itu dipamerkan di acara-acara DLHK. Itu menandakan perhatian pemerintah itu sangat intens terkait pengelolaan sampah dan pemanfaatannya,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Redaksi Infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: