Upacara Adat Kenyau di Kampung Dasaq, Diharapkan Dukung Pembangunan Daerah

SENDAWAR, Infokubar.id – Kepala Badan Keungan dan Aset Daerah (BKAD), Sahadi kembali menghadiri acara Adat Kenyau di lapangan bola Kampung Dasaq, Kecamatan Muara Pahu, Kamis (15/09/2022) sore.

Mewakili Bupati Kubar FX Yapan, Sahadi menyebut, upacara Adat Kenyau adalah sebagai rangkaian ritual adat kematian yang dilaksanakan oleh masyarakat suku dayak setempat. Berbagai budaya dan adat istiadat di Kubar tentunya diharapkan mampu mendukung program pembangunan daerah.

Bahkan, dari momen itu, ia berharap agar tidak hanya dilakukan sebagai momen untuk mengingat teladan dari almarhumah Ibu Arum Con, melainkan sebagai kegiatan budaya yang mengandung nilai-nilai luhur yang patut dilestarikan dalam bentuk kearifan lokal masyarakat Kubar, serta kegotong-royongan ini hendaknya dapat terus ditingkatkan untuk hidup dalam bingkai persatuan dan kesatuan.

Berkaitan dengan upacara Adat Kenyau-Kuangkai, atas nama Pemerintah Kabupaten Kubar diharapkan partisipasi dan dukungan seluruh masyarakat Kubar untuk membantu proses pembangunan daerah dalam rangka meneruskan visi pemerintah yaitu Kutai Barat yang Semakin Adil, Mandiri, dan Sejahtera Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

“Saya juga mengharapkan, berbagai budaya dan adat istiadat warga Dayak di Kutai Barat ini mendukung program pembangunan daerah. Kearifan budaya lokal dan adat istiadat masyarakat seperti ini hendaknya bisa dikembangkan untuk membina mental masyarakat terutama generasi muda, agar tidak terpengaruh berbagai budaya luar yang bertentangan dengan kebudayaan, adat istiadat, dan kerukunan hidup masyarakat di Kubar,” harap Bupati.

Pelaksanaan upacara adat Kenyau di Kampung Dasaw. (Foto: Istimewa)

Di samping itu, ia juga menyampaikan terkait pembangunan tahun 2022 melalui APBD Kabupaten, yaitu infrastruktur jalan berupaya peningkatan jalan poros Kampung Dasaq – Mendung senilai Rp 990.158.900 dan pembangunan jalan simpang sawit/Kampung Dasaq Seberang sebesar Rp 644.729.600.

Oleh karenanya, ia berharap segala bentuk dukungan masyarakat juga untuk penyelenggaraan pemerintahan oleh masyarakat.

“Saya juga mengimbau, untuk penggunaan dana kampung harus melihat apa yang menjadi kebutuhan pembangunan di Dasaq ini. Setiap penggunaan dana pemerintah harus diimbangi dengan pelaporan yang sesuai dengan aturan atau regulasi. Dalam setiap kesempatan,  selalu saya menyampaikan, berbuat baik belum tentu benar tetap berbuat benar pasti sesuai,” kata Bupati,

Dalam kesempatan itu, juga mengingatkan agar masyarakat dapat membantu pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19, bijaklah dalam penggunaaan media sosial, dukung terus ketahanan dan kemandirian pangan, serta dukung pemberantasan narkoba. (adv)

Penulis : Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: