Usaha Transportasi Air dan Darat Jadi Andalan BUMDes Tukung Ritan Tabang

Transportasi air di Desa Tukung Ritan, Kecamatan Tabang.

TENGGARONG, Infokubar.id – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, Pemerintah Desa Tukung Ritan, Kecamatan Tabang mengelola BUMDesnya pada bidang transportasi air.

BUMDes yang sudah berdiri sejak 2020 ini diberi nama Tukung Ritan Sejahtera. Telah banyak memberikan dampak positif kepada masyarakat, salah satunya membuka lapangan pekerjaan.

Kepala Desa Tukung Ritan Ubang Uluy menjelaskan keberadaan BUMDes ini sangat membantu masyarakat yang ingin bepergian menggunakan transportasi air.

Namun, sejak pembangunan jembatan di desanya telah teralisasi pada 2023 ini. Pihaknya mengalihkan usaha BUMDes pada usaha transportasi darat.

“Kemudian kita alihkan menjadi transportasi darat yaitu jasa sewa travel,” jelasnya, Sabtu (14/10/2023).

Seiring berjalannya waktu, kini BUMDes Tukung Ritan Sejahtera telah memiliki enam buah unit mobil untuk melancarkan usahanya.

Selain untuk umum, enam buah mobil tersebut juga terkadang disewakan kepada perusahaan sekitar Desa Tukung Ritan untuk menjadi jasa angkut penumpang dari dalam dan luar desa.

“Kalau kita bisa memenuhi kebutuhan perusahaan maka masyarakat akan mudah menjalin kerja sama apalagi yang sudah memiliki legalitas usaha,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Redaksi Infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: