Waduk Samboja, Sumber Pengairan Sawah Petani dan Jadi Wadah Resapan Air

Camat Samboja, Damsik.

TENGGARONG, Infokubar.id – Selain sebagai penghasil perikanan, Kecamatan Samboja juga dikenal sebagai salah satu sentra penghasil produk pertanian, yaitu padi.

Guna memberikan kenyamanan petani dalam mengairi sawahnya. Pemerintah Kecamatan Samboja sedang melakukan perawatan dan pembenahan Waduk Samboja.

Waduk ini terbentang di tiga kelurahan/desa, di antaranya Kelurahan Wonotirto, Tanjung Harapan, dan Desa Karya Jaya.

“Ini menjadi tugas kami untuk mempertahankan wilayah waduk itu. Karena di situ rata-rata petani,” ucap Camat Samboja, Damsik pada Kamis (26/10/2023).

Selain sebagai pengairan sawah, waduk tersebut juga berguna sebagai wadah resapan air ketika musim hujan melanda.

“Cuman wilayah banjir saat ini di Wonotirto dan Sungai Seluang,” kata Damsik.

Kini menjadi tugas pihaknya untuk menjaga Waduk Samboja, salah satunya dari para pelaku penambang ilegal di sekitaran wilayah waduk.

Ia mengatakan, pihaknya telah mengintruksikan kepada seluruh Kepala Desa dan Lurah untuk segera melapor jika ada aktivitas pertambangan batu bara ilegal di sekitar lokasi Waduk Samboja.

“Jika ada penambang liar disekitar waduk itu disampaikan ke kecamatan,” ungkapnya.

Pihaknya juga telah memberi himbauan kepada masyarakat untuk melapor dan bertindak langsung ketika ada pertambangan ilegal.

“Saya selalu mengimbau kepada masyarakat sekitar waduk. Agar bersama-sama menolak penambang liar,” tutupnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Redaksi Infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: