Wujud Gerakan Sosial Penghijauan, Muhammadiyah dan Aisyiyah Kutai Barat Tanam Kurma

Penanaman pohon kurma oleh Muhammadiyah dan Aisyiyah Kutai Barat. (Foto: Istimewa)

SENDAWAR, Infokubar.id – Organisasi Muhammadiyah bersama Aisyiyah Cabang Kutai Barat menggelar aksi sosial penghijauan. Penanaman pohon itu dilakukan di lingkungan Masjid Al-Mujahadah Kompleks Muhammadiyah Center Melak, Sabtu (17/09/2022).

Gerakan yang dilakukan serentak oleh pengurus Muhammadiyah se-Indonesia ini sebagai bentuk kepedulian terhadap perubahan iklim untuk meredam suhu panas.

“Aksi penghijauan ini juga untuk mewujudkan lingkungan masjid yang teduh, sejuk, asri, segar, enak dipandang dan nyaman. Tentunya dengan oksigen dan udara bersih dari pohon kurma disekitar masjid,” ujar koodinator aksi Ali Sadikin.

Hal ini merupakan bentuk kepedulian terhadap perubahan iklim yang digagas oleh Muhammadiyah bersama Aisyiyah. Sebanyak 40 pohon kurma ditanam di lingkungan masjid yang berlokasi di Kelurahan Melak Ulu itu. 

Penanaman pohon kurma di lingkungan masjid Al Mujahadah Kompleks Muhammadiyah Center Melak. (Foto: Istimewa)

Aksi penghijauan ini baru pertama kali digelar oleh Muhammadiyah Kubar. Harapannya dengan semangat peduli lingkungan, masyarakat semakin banyak yang ikut tergerak dan terlibat dalam penghijauan khususnya tanaman yang memiliki fungsi konservasi.

“Apabila sebuah program melibatkan masyarakat secara aktif, maka akan tumbuh sinergi positif sehingga membangun konservasi di wilayahnya melalui gerakan menanam yang masif dan produktif,” tutupnya.

Dipilihnya pohon kurma tak lepas dari sejarahnya. Pohon yang dikenal lekat dengan jazirah arab itu bahkan disebut dalam Al-Qur’an lebih dari 10 kali. Kurma dianggap sebagai pohon penyelamat manusia dengan segala keistimewaannya.

Dalam sebuah kerangka ilmiah Organisasi Pangan Sedunia (FAO) dikatakan pohon kurma setinggi 1 meter dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen dengan volume yang cukup untuk 2,5 orang per hari. Belum lagi didukung kemampuan beradaptasi pohon kurma terhadap lingkungan yang sangat tinggi di berbagai kondisi. (*)

Penulis: Fitra Mayca

Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: