Yayasan Ponpes Assalam Arya Kemuning Sebar Ribuan Kilo Daging Kurban 

SENDAWAR, Infokubar.id – Perayaan Iduladha 1443 Hijriah yang jatuh pada 10 Juli kemarin telah berlangsung dengan khidmat di seluruh pelosok Tanah Air. Bagi sebagian orang, momentum hari raya kurban atau Idul Adha ini begitu dinantikan di tengah kondisi ekonomi yang sekarang.

Tak pelak, pembagian daging kurban masih sangat dibutuhkan oleh banyak masyarakat khususnya kaum dhuafa dan fakir miskin di Bumi Tanaa Purai Ngeriman. Agenda penyaluran daging kurban pun turut dilakukan oleh Pondok Pesantren Assalam Arya Kemuning.

Sebanyak 32 sapi dan 37 kambing disembelih untuk disalurkan kepada masyarakat. Pelaksanaan pemotongan hewan kurban pun dilakukan 4 hari berturut-turut di Areal Ponpes Assalam Arya Kemuning di Jalan Pandan Wangi, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

“Alhamdulillah donatur masih optimis sekali. Kubar sebagai lahan pendistribusian daging kurban. Ponpes Assalam Arya Kemuning insyaAllah selalu amanah dengan pengurban, karena kita selalu memikirkan umat,” ujar Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Assalam Arya Kemuning KH Arief Heri Setyawan melalui KH Anas Yudiarso. Ia pun memastikan, bahwa tidak ada penyusutan jumlah hewan kurban dari tahun ke tahun di ponpesnya. 

Kepada wartawan, Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Ponpes Assalam Arya Kemuning, Sukawi mengatakan, pemotongan hewan kurban terbagi jadi 4 hari. Pada hari pertama, ada sebanyak 9 ekor sapi dan 10 ekor kambing yang di sembelih.

“Jadi setiap hari akan dipotong 9 ekor sapi, dan pada hari keempat tersisa 6 ekor sapi yang akan dipotong,” jelasnya.

“Pada hari pertama ada Kampung Benangaq, Marimun, Geleo, Ombau, Muara Asa, Gemuhan Asa, InsyaAllah hari ini (Minggu, Red,-.) sudah terjangkau pendistibusian dagingnya. Karena sebagian sudah di telepon datang langsung,” tukas Sukawi.

Ditambahkannya, pendistribusian daging kurban dimulai pukul 12.00 Wita. Kemudian, pada hari kedua pendistribusian daging kurban Ponpes Assalam Arya Kemuning Kubar berlanjut ke wilayah utara. Diantaranya ke Kecamatan Muara Lawa dan sekitarnya. Sedangkan hari keempat pendistribusian daging kurban akan ke wilayah lebih jauh, di antaranya Kecamatan Bongan dan Kecamatan Muara Pahu.

Lebih jauh Sukawi menuturkan, bahwa secara umum prioritas utama pendistribusian daging hewan kurban pada hari raya Iduladha adalah kepada fakir miskin, muallaf, duafa, jompo, yatim-piatu, lansia, dan warga kurang mampu.

Tetapi, kata Sukawi, Ponpes Assalam Arya Kemuning Kubar tidak memprioritaskan. Namun diutamakan untuk muallaf, fakir miskin, dan jompo. Menurutnya, Ponpes Assalam Kubar tetap membagikan kepada semua masyarakat yang berhak menerimanya, bukan hanya umat muslim.

“Jadi intinya kepada seluruh masyarakat Kubar yang berhak menerima daging hewan kurban, tanpa melihat latar belakang agama dan suku bangsa. Karena Ponpes Assalam Arya Kemuning Kubar membangun kepedulian sosial bagi umat secara merata,” bebernya.

Untuk diketahui, hewan kurban berupa sapi dan kambing yang disembelih di Ponpes Assalam Arya Kemuning Kutai Barat pada Iduladha 1443 H/2022 di datangkan dari Pulau Sulawesi. Karena sesuai imbauan pemerintah, hewan kurban tidak boleh didatangkan dari daerah yang tercemar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak.

“Hewan kurban yang ada di Ponpes Assalam Kubar sudah di cek sejak ditempat asal, kemudian dicek di Kota Balikpapan, bahkan sampai di Kubar dicek kembali. Alhamdulillah sudah komunikasi dengan dokter hewan serta tim, tidak ada yang terindikasi PMK hewan kurban yang di potong,” tandas Sukawi. (man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: